Siapa Sangka, Sagu Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh Lho
Ilustrasi mengolah sagu. (PANTAUGAMBUT)
Health

Siapa Sangka, Sagu Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh Lho

Bukan cuma sebagai bahan makanan saja.

Kamis, 23 Januari 2020 15:05 WIB 23 Januari 2020, 15:05 WIB

INDOZONE.ID - Sampai saat ini, sagu masih menjadi bahan makanan utama bagi sebagian besar masyarakat di Papua dan Maluku yang memiliki tempat tinggal di daerah pesisir. Sagu dapat diolah menjadi papeda, bubur, mi dan panganan lain. Dikenal sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh, ternyata sagu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020), apa saja manfaat sagu?

Kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam sagu dipercaya dapat menggantikan energi tubuh yang hilang usai beraktivitas ringan ataupun berat. Sagu memiliki manfaat meningkatkan produksi glukosamin yang ada dalam tubuh serta dapat memperbaiki keseluruhan pemulihan otot maupun sendi-sendi pada tubuh.

 Papeda (Instagram/@zoemonicakj)
Papeda (Instagram/@zoemonicakj)

Selain itu jika kamu sedang demam, sagu juga bisa digunakan untuk meredakan panas dalam tubuhmu. Hal ini dikarenakan sagu memiliki efek baik yaitu efek mendinginkan, yang berguna untuk memberikan rasa tenang pada tubuh.

Bahkan di India, orang biasa menggunakan sagu yang dicampur nasi untuk membantu proses pendinginan tubuh. Atau dengan kata lain, sagu dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati demam.

Sagu juga dipercaya dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu, hal ini karena sagu dapat meningkatkan produksi enzim hingga melindungi usus agar tak kering. 

Sagu juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit pada pencernaan seperti maag, asam lambung, susah buang air besar, kembung, dan gangguan pencernaan yang lain. 

masker sagu
Ilustrasi penggunaan masker. (HOLRMAGAZINE)

Masker alami wajah yang terbuat dari sagu pun kerap digunakan oleh sebagian wanita Indonesia karena dipercaya dapat menghaluskan kulit serta menyembuhkan bekas luka di wajah.

Kamu tinggal mencampurkan beberapa sendok tepung sagu dengan bahan lain seperti susu hingga membentuk adonan pasta yang agak kental lalu oleskan pada wajah, diamkan beberapa saat kemudian bilas. Selamat mencoba!


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU