Ulat Sagu, Makanan Khas Papua
instagram.com/lingkarsumut
Food

Ulat Sagu, Makanan Khas Papua

ulat sagu makanan tradisional Papua

Bela
Kamis, 13 Juni 2019 10:01 WIB 13 Juni 2019, 10:01 WIB
Selama ini kita mengenal sagu adalah makanan pokok yang biasa disantap masyarakat Papua. Ternyata ada makanan lain khas dari Papua juga lho, yaitu ulat sagu.

Ulat sagu sudah dijadikan makanan tradisional sejak dahulu oleh masyarakat Papua. Ulat yang muncul dari pohon sagu atau palem yang mulai membusuk ini mempunyai nama latin Rhynchophorus Ferrugineus. Bagi orang yang biasa mengonsumsi ulat sagu, makanan ini terasa legit dan gurih.

Mungkin banyak di antara kamu yang geli dengan bentuk ulat sagu, namun ternyata makanan ini kaya akan protein dan sejumlah vitamin, lho. kandungan protein dalam ulat sagu berguna untuk pertumbuhan dan memperbaiki sel jaringan dalam tubuh.

Makanan ini juga mengandung omega 3 yang dipercaya dapat mengurangi peradangan pada tubuh, menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer, depresi, asma, dan rematik.

Tidak ketinggalan, ulat sagu juga mengandung asam amino yang berperan membantu tubuh memproduksi serotonin, yaitu zat kimia pada otak yang bertugas memperbaiki suasana hati dan siklus tidur.

Cara penyajian ulat sagu bisa dimakan langsung atau diolah dengan cara digoreng, dipanggang, dibuat sup atau dijadikan sate. Setelah mengetahui kandungan gizi ulat sagu, apakah kamu tertarik mencobanya? 
    Indozone Media
    Indozone Media

    Bela

    Editor