The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ragam Tips Menumbuhkan Rambut Tanpa Ribet
photo/Ilustrasi/fortouladn.com
Health

Ragam Tips Menumbuhkan Rambut Tanpa Ribet

Selasa, 30 Juni 2020 20:12 WIB 30 Juni 2020, 20:12 WIB

INDOZONE.ID - Rambut adalah mahkota. Setiap orang tentu mendambakan dirinya memiliki rambut indah dan berkilau, baik pria maupun wanita.

Namun, tidak semua orang pula memiliki kondisi rambut yang baik. Bahkan, banyak kita temui orang-orang dengan rambut tipis dan gampang rontok. Kondisi itu bisa mengakibatkan kebotakan.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut agar lebih lebat dan sehat.

Berikut dirangkum Indozone dari berbagai sumber, 7 tips menumbuhkan rambut dengan cepat dan tanpa ribet.

1. Pakai Conditioner Saat Keramas

pakai conditioner saat keramas
photo/Ilustrasi/The Mirror

Nutrisi rambut sangat mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan rambut. Untuk itu, salah satu cara menutrisi rambut yakni dengan menggunakan conditioner setiap kali keramas.

Selain rambut lebih sehat, lipid dan protein di batang rambut dapat dipulihkan dengan penggunaan conditioner, sehingga rambut lebih cepat tumbuh.

2. Jangan Gunakan Shampoo Setiap Hari

penggunaan shampoo pada keramas
photo/Ilustrasi/Skinny Ms.

Keramas setiap hari juga tidak baik dilakukan. Jadi, agar rambut dapat tumbuh dengan cepat, sebaiknya keramas pakai shampoo dua atau tiga kali dalam seminggu.

Selain itu, hindari juga mewarnai rambut karena akan membuat kutikula (lapisan pelindung) rambut rusak.

3. Gunakan Air Dingin Saat Keramas

gunakan air dingin saat keramas
photo/Ilustrasi/Balding Beards

Cara menumbuhkan rambut berikutnya, mencuci rambut atau keramas dengan air dingin merupakan salah satu cara mempercepat pertumbuhan rambut.

Air dingin sendiri dapat melindungi kutikula rambut dan mencegah terjadinya kerontokan rambut yang lebih parah.

4. Pangkas Ujung Rambut

memangkas ujung rambut
photo/Ilustrasi/Study Breaks Magazine

Memotong ujung rambut setiap 2 atau 3 bulan sekali ternyata baik untuk menumbuhkan rambut. Dengan cara ini, bagian rambut yang rusak akan terganti dengan rambut yang sehat.

5. Kurangi Penggunaan Alat Styling

kurangi penggunaan alat styling atau hair dryer
photo/Ilustrasi/beautydesk.com

Penggunaan alat styling rambut biasanya paling banyak dilakukan oleh kaum hawa untuk menunjang penampilan.

Namun jika terlalu sering, ini bisa menimbulkan masalah yaitu rusaknya lapisan keratin rambut. Alhasil, kondisi rambut jadi kusam dan kering, bahkan berhenti tumbuh.

Karena itu, sangat disarankan untuk meminimalisir penggunaan alat-alat styling seperti hair dryer dan catokan. Toh, rambut kering secara alami akan lebih baik.

Obat Penumbuh Rambut yang Ampuh

Kamu pun bisa menumbuhkan rambut dengan bahan-bahan alami berikut ini, yang sering ditemui di sekitarmu. Adapun obat penumbuh rambut alami yang mudah kamu dapatkan, antara lain adalah:

1. Kemiri

kemiri untuk rambut botak
photo/Steemit

Selain mempercepat pertumbuhan rambut, kemiri atau minyak kemiri sangat ampuh menebalkan rambut dan membuat pertumbuhan rambut jadi lebih sehat.

Caranya mudah kok, kamu cuma perlu menumbuk kemiri hingga halus. Kemudian, langsung saja dioleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Vitamin

vitamin untuk pertumbuhan rambut botak
photo/Ilustrasi/fortouladn.com

Taukah kamu, kekurangan mengonsumsi vitamin D, akan membuat rambut menjadi lebih cepat rontok karena folikel rambut tidak terstimulasi.

Karena itu, mengonsumsi vitamin sangat penting untuk membantu pertumbuhan rambut. Bukan hanya vitamin D, tapi juga vitamin B dan vitamin E.

3. Suplemen Khusus

suplemen khusus penumbuh rambut
photo/Ilustrasi/FUE Hair Transplant Philadelphia

Selain vitamin, asupan suplemen sangat membantu memelihara rambut tetap sehat, kuat dan tebal. Kalau bisa, konsumsi suplemen yang mengandung biotin, keratin dan mineral.

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi suplemen biotin mampu menurunkan kerontokan dan meningkatkan kesehatan rambut.

Studi lain mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi 500 gram suplemen keratin dan mineral mengalami peningkatan kualitas kesehatan rambut.

4. Salep Topikal

salep topikal
photo/Ilustrasi/Ist

Salep topikal dikhususkan untuk orang dengan tingkat kerontokan rambut yang parah dan alopecia areata (kerontokan rambut yang disebabkan serangan sistem imunitas tubuh).

Untuk penggunaan salep topikal ini sebaiknya atas anjuran dokter. Ada beberapa jenis salep topikal yang biasa digunakan yaitu:

  • Melatonin topikal, mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut
  • Minoxidil topikal (5%), mampu memperlambat kerontokan rambut
  • Propecia
  • Sampo ketoconazole

5. Lidah Buaya

aloe vera lidah buaya
photo/singaporesoap.com

Seperti kita ketahui, lidah buaya (aloe vera) punya banyak manfaat untuk kecantikan. Bukan cuma meredakan sunburn atau menyembuhkan luka, tapi berguna juga sebagai tanaman penumbuh rambut.

Caranya, kamu cukup mengusapkan daging lidah buaya pada kulit kepala hingga ujung batang rambut. Diamkan selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

6. Teh Hijau

green tea
photo/Unsplash

Tak ketinggalan obat penumbuh rambut alami lainnya adalah teh hijau. Kandungan dalam teh hijau mampu melindungi kulit kepala.

Selain itu, bisa menjaga rambut dari kerusakan akibat sinar matahari maupun polutan. Teh hijau dikenal punya senyawa antioksidan yang tinggi.

7. Minyak Zaitun

olive oil penumbuh rambut
photo/Healthline

Salah satu manfaat bahan dapur yang satu ini adalah untuk menyehatkan kondisi kulit kepala secara alami dan aman.

Caranya, teteskan empat hingga lima tetes minyak zaitun sebelum keramas (sebaiknya lakukan di malam hari). Lalu, pijat kulit kepala dan cucilah rambut hingga bersih esok paginya.

8. Santan Kelapa

coconut milk
photo/mediaindia.eu

Kandungan nutrisi dalam santan bisa bermanfaat untuk menumbuhkan, menghaluskan, menguatkan, dan membuat rambut semakin hitam berkilau.

Pertama, hangatkan 200 ml santan dari satu butir kelapa. Lalu, usap pada kulit kepala dan diamkan sekitar 20-30 menit. Kemudian, bilas hingga bersih dengan air.

9. Daun Ketumbar

daun ketumbar penumbuh rambut
photo/this.deakin.edu.au

Tanaman ini ternyata bisa diaplikasikan untuk perawatan rambut dan mencegah rambut botak loh. Pengaplikasiannya pun tidak terlalu sulit, bahkan terbilang mudah.

Daun ketumbar diblender hingga halus, lalu tambahkan sedikit air sampai teksturnya kental. Bilas atau usap ke kepala dan rambut secara merata (sambil dipijat).

Diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

10. Daun Jambu Biji

daun jambu biji
photo/Pixabay

Rebus daun jambu biji, dan gunakan air rebusannya untuk dibilas pada rambut. Daun jambu biji ini mampu mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkannya kembali.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US