Ternyata, Ini Alasan Mengapa Kita Sering 'Mager' saat Hujan
Ilustrasi mager (Screenprism)
Health

Ternyata, Ini Alasan Mengapa Kita Sering 'Mager' saat Hujan

Selasa, 21 Januari 2020 14:04 WIB 21 Januari 2020, 14:04 WIB

INDOZONE.ID - Saat hujan deras, sebagian orang biasanya mendadak jadi mager alias malas gerak dan mengantuk. Bahkan, beberapa orang bisa hanya tidur sepanjang hari saat sedang hujan.

Perasaan mager dan ngantuk yang timbul saat cuaca sedang sejuk-sejuknya ini ternyata ada alasannya lho!

mager
Ilustrasi mager (Educationviews)

Seseorang merasa mager dikarenakan tubuh yang selaras dengan alam. Dilansir dari Verlo, cuaca mendung mendorong kelenjar pineal memproduksi melatonin. Karena produksi melatonin-nya yang melonjak, maka muncul rasa kantuk yang membuatmu jadi ingin rebahan sepanjang hari.

Tak hanya rasa kantuk, hujan juga dapat menimbulkan rasa lelah. rasa lelah ini disebabkan dari tekanan barometrik yang lebih rendah.

Namun, disarankan untuk tidak tidur saat hujan, karena tekanan barometrik yang rendah dapat membuat seseorang jadi sulit untuk mendapatkan tidur berkualitas atau nyenyak.

tidur
Ilustrasi tidur (Unsplash)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rasa kantuk ketika hujan datang di siang hari. Ketika mendung atau hujan, sinar UV biasanya akan tetap ada. Nah, Kamu bisa memaparkan tubuhmu pada cahaya tersebut.

Atau kamu juga bisa memaparkan tubuhmu di bawah sinar lampu. Selain itu, sebisa mungkin hindari kasur dan lakukan aktivitas kecil yang membuat tubuhmu bergerak. Seperti olahraga, membuat karya seni, dan sejumlah aktivitas bermanfaat lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU