The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jelang Hari Paru Sedunia, Ini 4 Cara Menjaga Paru Tetap Sehat
Ilustrasi meditasi. (Pexels/Natalie)
Health

Jelang Hari Paru Sedunia, Ini 4 Cara Menjaga Paru Tetap Sehat

Coba deh.

Jumat, 24 September 2021 17:14 WIB 24 September 2021, 17:14 WIB

INDOZONE.ID - Tanggal 25 September diperingati sebagai Hari Paru Sedunia. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) pun mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan paru-paru.

Ketua Umum PDPI, DR. Dr. Agus Dwi Susanto,Sp.P(K), FISR, FAPSR mengatakan ada lima penyakit utama terkait paru-paru, yaitu kanker paru, tuberkulosis, ISPA, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), dan asma.

Ia mengatakan sebanyak 6,6 juta orang di dunia menderita kanker paru dengan 1,6 juta meninggal setiap tahunnya. Sedangkan penderita tuberkulosis mencapai 10 uta dengan 1,8 juta di antaranya meninggal setiap tahun.

"Kemudian pneumonia merupakan penyebab utama pada kematian umur muda dan tua, ada 4 juta kematian per tahun," kata Agus dalam webinar Peringatan Hari Paru Sedunia, Jumat (24/9/2021).

Agus mengingatkan masyarakat untuk menjaga paru-parunya tetap sehat dengan empat cara sebagai berikut:

1. Berhenti Merokok

Agus mengatakan baik rokok konvensional maupun rokok elektronik terbukti meningkatkan risiko terpapar berbagai penyakit paru.

"Tidak merokok akan mengurangi risiko penyakit paru yang menyebabkan masalah kesehatan. Katakan tidak pada vape. Nikotin dalam bentuk apapun membuat daya tahan tubuh menurun sehingga risiko terjadi infeksi dan berpotensi adanya karsinogen-karsinogen yang menyebabkan kanker," kata Agus.

2. Lindungi dengan Vaksinasi

Vaksinasi juga disebut dapat menyelamatkan jutaan nyawa manusia dari berbagai penyakit paru yang ganas. Karena itu, seseorang diharapkan mendapatkan vaksinasi seperti vaksin pneumonia dan vaksin Covid-19.

3. Hirup Udara Bersih

Kebiasaan menghirup udara bersih juga terbukti baik untuk kesehatan paru. Kamu bisa menanam tanaman yang menjaga kebersihan udara di dalam rumah seperti lidah buaya, spider plant, bamboo palm, dan peace lily.

BACA JUGA: Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

4. Olahraga Teratur

Lakukan olahraga teratur seperti jalan kaki, jogging, senam, bersepeda tiga kali seminggu dan selama 30 menit per harinya.

"Olahraga diperlukan untuk stimulasi tubuh agar terpelihara serta memperbaiki kapasitas paru. Olahraga dengan latihan pernapasan juga dapat memperkuat paru, membersihkan racun dan memperbaiki saluran napas," tandas Agus.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US