The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apa Efeknya Maksain Diri Minum Kopi saat Begadang Nonton Piala Dunia 2022?
Ilustrasi kopi. (Freepik)
Health

Apa Efeknya Maksain Diri Minum Kopi saat Begadang Nonton Piala Dunia 2022?

Jumat, 02 Desember 2022 22:19 WIB 02 Desember 2022, 22:19 WIB

INDOZONE.ID - Saat Piala Dunia 2022 pencinta bola akan sering begadang. Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi akhirnya jadi andalan biar enggak ngantuk.

Padahal nih, keseringan mengonsumsi minuman kafein ada dampak negatifnya loh. Apalagi buat orang-orang dengan asam lambung.

Dokter Spesialis Gizi Klinik di Nutrif Clinic & Nutrif Farma Bandung dr. L. Arif Firiandri Yulius, Sp.GK, AIFO-K menuturkan, kamu yang tidak kuat mengonsumsi kafein sebaiknya menghindari. Karena berisiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: 3 Minuman Ini Ternyata Bisa Jadi Pemicu Anemia, Wajib Kamu Hindari!

"Jika memiliki sakit lambung, memerlukan kehati-hatian dalam konsumsi kafein karena dapat memicu sakit lambung, sehingga proses pencernaan akan terganggu," ujar dr. Arif dalam keterangannya. 

Selain itu, kata dr. Arif, minuman yang mengandung kafein biasanya juga mengandung tanin yang mengganggu penyerapan zat besi. Meski sebenarnya minuman kafein manfaatnya sama dengan energy booster lainnya. 

Namun mengonsumsi minuman berkafein harus diatur agar tak berdampak buruk pada kesehatan. Bisa dicoba siasatnya, minum kopi untuk menambah stamina, kata dr. Arif, ada tambahan siberian ginseng. 

Baca Juga: Cuma Pakai Kopi Bisa Bikin Kulit Glowing, Bestie Wajib Coba Nih!


dr. Arif menjelaskan, siberian ginseng bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung elemen-elemen yang bertindak sebagai antiperadangan, antitumor, antikanker, menjaga kesehatan liver, memperkuat sistem imun, melindungi sistem saraf, menangkal radikal bebas, serta menstabilkan gula darah.

Ia juga menambahkan, siberian ginseng mengandung Omega 3 yang berperan menjaga kesehatan jantung, sistem saraf, kesehatan mata, dan memiliki kandungan antiperadangan. Beragam multivitamin turut menunjang kesehatan organ dan metabolisme.

Product Manager Nutrafor Gold Coffee Bagus Arigunanto mengatakan, kopi dengan siberian ginseng manfaatnya sekaligus bisa menjadi multivitamin. 


"Diimbangi dengan kiat-kiat lain makan gizi seimbang, meminum paling sedikit dua liter air; manajemen stres, tidur cukup dari tujuh hingga delapan jam setiap hari, olahraga teratur satu jam sehari, tiga hingga empat kali seminggu dan jauhi alkohol berlebihan dan rokok," tambahnya. 

Kopi
Ilustrasi minum kopi. (Dok Nutrafor)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania
Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US