Ini Makanan yang Baik untuk Sakit Perut Menurut Para Ahli
Ilustrasi sakit perut. (Ilustrasi/medicalnewstoday.com)
Health

Ini Makanan yang Baik untuk Sakit Perut Menurut Para Ahli

Sabtu, 08 Februari 2020 09:56 WIB 08 Februari 2020, 09:56 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu penyakit yang sering menyerang sebagian besar orang adalah sakit perut. Penyebabnya terdiri dari beberapa faktor, misalnya pola makan yang salah maupun menderita penyakit kronis.

Bila sudah sakit perut, bukan tidak mungkin untuk kehilangan nafsu makan. Melansir Time, berikut makanan yang dapat membantu mengatasi sakit perut.

Makanan Lembut seperti Pisang atau Roti

Berdasarkan riset dari Hershey Medical Center di Penn State University, pisang dan roti termasuk rekomendasi makanan lembut yang dapat meredakan sakit perut.

pisang dan roti
Ilustrasi/glutenfreecuppatea.com

Makanan lembut baik untuk sakit perut supaya perut tidak bekerja keras mencerna makanan. Ada juga makanan yang harus dihindari jika sedang sakit perut, misalnya produk olahan susu.

Selain itu, Dr. Joel Mason, ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran di Universitas Tufts mengatakan untuk menghindari makanan berlemak tinggi   kacang-kacangan, minyak, dan alpukat, serta hidangan pedas, kopi dan alkohol. Jenis makanan tersebut dapat memperburuk proses pemulihan dalam perut.

Jahe dan Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, secara ilmiah jahe dan kunyit juga termasuk makanan yang baik untuk mengatasi sakit perut. Keduanya adalah jenis tumbuhan akar yang telah mengembangkan sifat antibakteri khusus untuk menahan kontaminasi dari mikroorganisme di tanah.

jahe dan kunyit
Ilustrasi/doterra.com

Profesor penyakit pencernaan di University of California, Los Angeles, Dr. Erman Mayer mengatakan, "Jahe dan juga kunyit tampaknya anti-inflamasi."

Dr. Joseph Murray selaku ahli gastroenterologi di Mayo Clinic, menyarankan untuk minum air jahe dan kunyit untuk mengatasi sakit perut yang disertai mual dan muntah.

"Setiap kali muntah, tubuh mengeluarkan vitamin dan nutrisi sehingga penting untuk mengisi  kembali elektrolit tubuh, yaitu garam , kalium, dan glukosa," kata Murray.

Setelah berhenti muntah dan perut terasa lebih baik, otomatis perut kosong sehingga ingin makan, tetapi jangan makan dengan porsi yang besar," tambah Murray.

Jika ingin alternatif lain bisa meminum jus tomat yang teksturnya encer dan asin.

Artikel Menarik Lainnnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU