Begini Cara Makan Buah yang Benar Supaya Manfaatnya Diserap Tubuh
Ilustrasi buah-buahan. (Unsplash/@stefano75)
Health

Begini Cara Makan Buah yang Benar Supaya Manfaatnya Diserap Tubuh

Jumat, 13 Maret 2020 12:25 WIB 13 Maret 2020, 12:25 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai makanan yang sehat,buah mengandung banyak vitamin dan gula alami yang berguna untuk tubuh. Konsumsi buah secara rutin selama 3 hari berturut-turut bisa membersihkan saluran pencernaan dari racun.

Supaya manfaat buah dapat diserap dengan baik oleh tubuh, perlu diperhatikan cara makannya yang benar. Bagaimana ya? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Makan Buah di Pagi Hari

cara makan buah yang benar supaya manfaatnya diserap tubuh
Ilustrasi potongan buah. (Unsplash/@louishansel)

Makan buah saat pagi hari atau sebelum tengah hari sangat dianjurkan. Hal ini karena tidak memicu kenaikan gula darah. Ketika malam hari sistem pencernaan beristirahat, maka buah adalah pilihan yang tepat untuk sarapan di pagi hari karena mudah untuk dicerna.

Tapi tidak dianjurkan untuk konsumsi buah seperti pisang atau alpukat. Buah tersebut dinilai cukup berat untuk dimakan saat pagi hari.

2. Buah Bukan Pencuci Mulut

cara makan buah yang benar supaya manfaatnya diserap tubuh
Ilustrasi makan buah. (Unsplash/@dainisgraveris)

Banyak orang yang menganggap buah adalah makanan pencuci mulut, dan kebiasaan ini sudah ada sejak dulu. Namun sebenarnya, buah lebih baik dimakan sebelum makan. Hal ini berguna supaya gizi dalam buah dapat diserap dengan efektif oleh tubuh.

3. Hindari Makan Buah Kalengan

cara makan buah yang  benar
Ilustrasi buah kalengan. (foodnetwork.com)

Buah kalengan atau buah olahan tinggi kandungan gula, pengawet, dan bahan kimia yang pastinya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, memang lebih baik makan buah segar saja.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fahrizal Daulay
Laila Rahmi Batubara