The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Yu Sheng, Makanan Khas Imlek
Yu Sheng. (Instagram/@stallonation)
Health

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Yu Sheng, Makanan Khas Imlek

Menyehatkan.

Sabtu, 22 Januari 2022 17:16 WIB 22 Januari 2022, 17:16 WIB

INDOZONE.ID - Yu Sheng atau Yee Sang merupakan makanan yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Dijuluki salad ala Imlek, Yu Sheng menjadi salah satu makanan Imlek yang menyehatkan.

Sebab, Yu Sheng terdiri dari kombinasi salad dan ikan mentah. Untuk saladnya terdiri dari lobak hijau dan putih, wortel, ubi jalar hingga kacang tanah. Sementara itu, untuk ikannya biasa menggunakan ikan salmon atau ikan tuna.

Sebagian besar bahan Yu Sheng tidak perlu diolah. Masing-masing makanan yang disajikan tersebut memiliki gizi yang sangat tinggi. Adapun kandungan yang paling banyak pada wortel yaitu air dan karbohidrat.

Baca juga: Dianggap Bawa Sial & Mengundang Kemalangan, 5 Makanan Ini Tidak Boleh Ada saat Imlek

Sementara itu, untuk ikan salmon dan tuna, keduanya sama-sama kaya akan asam lemak omega 3 dan rendah akan natrium serta karbohidrat.

Salmon juga mengandung vitamin B6, vitamin D dan vitamin B12. Satu porsi salmon bisa memberi lebih banyak vitamin D dibanding ikan tuna. Meski demikian, keduanya sama-sama bisa memberi manfaat untuk kesehatan.

Mengutip dari Mediakom Kemkes, di Indonesia sendiri Yu Sheng bisa digantikan dengn makanan seperti ikan bandeng.

Ikan bandeng mengandung nutrisi luar biasa karena kandungan omega 3 ini diyakini sebagai sumber asam lemak esensial untuk perkembangan otak dan memori anak dan mencegah berbagai macam penyakit.

Ikan bandeng juga kaya akan protein, vitamin dan mineral. Bahkan mengonsumsi ikan bandeng dipercaya bisa menurunkan risiko bayi terlahir dengan masalah penglihatan.

Kasiat yang terdapat pada ikan bandeng ini membuat masyarakat Tionghoa semakin percaya bahwa bandeng melambangkan panjang umur dan kesehatan.

Selain Yu Sheng, makanan bergizi dan menyehatkan lainnya yang dihidangkan saat perayaan Imlek adalah buah-buahan segar seperti jeruk mandarin, apel dan buah naga.

Ragam buah-buahan tersebut mengandung berbagai vitamin, mineral dan serat. Bahkan, mengonsumsi buah jeruk mandarin bisa melengkapi 27 persen kebutuhan vitamin C harian kita lho!

Selain makanan, minuman seperti teh hijau juga akan terhidang di meja menu Imlek. Teh hijau baik untuk tubuh karena mampu membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel di tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US