Kenali Jenis Makanan yang Memicu Perut Kembung, Coba Dikurangi
Ilustrasi perut kembung. (Ilustrasi/gi.md.com)
Health

Kenali Jenis Makanan yang Memicu Perut Kembung, Coba Dikurangi

Jumat, 14 Februari 2020 14:08 WIB 14 Februari 2020, 14:08 WIB

INDOZONE.ID - Perut kembung adalah kondisi dimana ada perut seolah penuh dengan tekanan besar. Namun pada dasarnya perut kembung diakibatkan adanya gas berlebih dalam saluran pencernaan karena asupan garam yang tinggi.

Tingginya asupan garam itu membuat cairan tertahan dan menumpuk sehingga perut menjadi kembung. Dalam kondisi perut kembung dan begras, tentu akan lebih sering bersendawa hingga buang angin. Keadaan ini tentu saja akan membuat tidak nyaman.

Oleh sebab itu kenali jenis makanan yang berpotensi menimbulkan perut kembung. Berikut ulasannya.

1. Sayur dan Buah Tertentu

buha dan sayur
Ilustrasi/ca.askmen.com

Ada beberapa jenis sayuran yang menjadi penyebab perut jadi kembung, yakni sayuran jenis kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, wortel, kale, dan asparagus. Sayuran tersebut mengandung raffinose (gula yang sulit untuk dicerna di lambung dan baru dapat dicerna saat mencapai usus besar).

Sedangkan buah-buahan penyebab perut kembung misalnya, apel, nanas, pir, anggur, dan mangga. Buah-buahan ini mengandung fruktosa (gula buah) dan sorbitol (gula alkohol) yang lama diserap pencernaan.

2. Junk Food

junk food
Ilustrasi/pexels/Engin Akyurt

Jenis makanan ini juga menjadi penyebab pertu kembung karena tinggi kandungan lemak, gula, dan garam.

3. Produk Olahan Susu

produk olahan susu
Ilustrasi/standard.co.uk

Sejumlah produk olahan susu seperti keju, susu, mentega, dan yogurt dapat memicu perut kembung. Kandungan laktosa pada produk makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik oleh penderita intoleransi latosa, sehingga laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana tubuh seseorang kekurangan enzim laktosa (yang dapat memecah gula di dalam tubuh).

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU