Ini 5 Penyakit Paling Mematikan di Dunia
Ilustrasi. (Pixabay/Parentingupstream)
Health

Ini 5 Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia.

Selasa, 07 Januari 2020 13:48 WIB 07 Januari 2020, 13:48 WIB

INDOZONE.ID - Masalah kesehatan menjadi salah satu persoalan yang cukup sering menjadi perbincangan. Pasalnya, hal tersebut lantaran kesehatan menjadi faktor penunjang dari berbagai aspek kehidupan seseorang.

Beragam penyakit bisa saja menyerang seseorang, dari penyakit yang ringan, hingga penyakit yang menjadi penyebab kematian paling banyak di dunia.

Sebetulnya, penyakit apa saja yang menjadi penyebab kematian paling banyak di dunia?

Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber, penyakit paling mematikan di dunia.

Kanker

penyakit paling mematikan
Ilustrasi. (Pexels/Vidal Balielo J.)

Ada beragam jenis kanker, seperti kanker kelenjar getah bening, kanker darah, kanker otak dan lain-lain. Tapi, di antara beberapa jenis kanker yang ada, kanker paru-paru menjadi salah satu penyebab kematian paling banyak di dunia.

Sebuah studi di tahun 2015 melaporkan bahwa setidaknya kanker pernapasan menyumbang 4 juta kematian setiap tahunnya. Kemungkinan terbesar, kanker ini disebabkan karena riwayat merokok, maupun paparan polusi udara yang tercemar.

Diabetes

penyakit paling mematikan
Diabetes. (Pexels/PhotoMIX Ltd.)

Diabetes merupakan kondisi di mana terdapat masalah dalam produksi insulin dalam tubuh. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya meliputi tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, pola makan tidak sehat, hingga tidak berolahraga secara teratur.

Bahkan, Departemen Kesehatan di dalam situsnya menginformasikan bahwa Data Sample Registration Survey tahun 2014 menunjukkan bahwa Diabetes merupakan penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia dengan persentase sebesar 6,7 persen.

Infeksi Pernapasan

penyakit paling mematikan
Ilustrasi. (Pixabay)

Penyakit yang menyerang kesehatan pernapasan, menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Beberapa di antaranya seperti TBC, Bronkitis, dan Pneumonia.

Selain karena virus maupun bakteri, masalah pernapasan lagi-lagi disebabkan oleh paparan asap rokok hingga lingkungan yang begitu kotor.

Tercatat setidaknya masalah pernapasan menjadi penyebab 5,7 persen kematian di dunia dan sebabkan 3,2 juta lebih kematian di tahun 2015.

Stroke

penyakit paling mematikan
Ilustrasi. (Pixabay/Mircea Iancu)

Stroke merupakan kondisi rusaknya sebagian dari otak diakibatkan tersumbatnya, robek atau bocornya pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak.

Penyakit inilah yang menjadi salah satu penyumbang kematian yang banyak di dunia. Bahkan sempat tercatat di WHO bahwa 3 juta wanita dan 2,5 juta pria meninggal karena stroke setiap tahunnya.

Jantung

penyakit paling mematikan
Ilustrasi. (Pexels)

Penyakit jantung koroner terjadi ketika kondisi pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menyempit. Faktor terkuat yang menjadi penyebab penyakit paling banyak menyebabkan kematian ini adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Tercatat kalau setidaknya penyakit jantung koroner sempat sebabkan sekitar 15,5 persen kematian yang terjadi di dunia.


Itulah beberapa penyakit paling mematikan di dunia. Selalu jaga kesehatan kalian ya!

TAG
Yulia Marianti
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU