Harga Naik Imbas Virus Corona, Ini Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan
Ilustrasi bawang putih (Unsplash/S├ębastien Marchand)
Health

Harga Naik Imbas Virus Corona, Ini Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Nomor satu penting

Rabu, 12 Februari 2020 12:05 WIB 12 Februari 2020, 12:05 WIB

INDOZONE.ID - Wabah virus corona telah menimbulkan dampak luas. Tidak hanya menyerang kesehatan korban, tetapi juga berbagai aspek kehidupan dunia. Salah satunya, harga bawang putih yang meroket. 

Akibat wabah virus corona, ketersediaan bawang putih di sejumlah pasar di Indonesia mulai berkurang. Hal ini diakibatkan macetnya distirbusi bawang putih dari importir, Tiongkok. Di Pasar Baru Karawang misalnya, harga bawang putih naik menjadi Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu.

Membahas tentang naiknya harga bawang putih akibat virus korona. Selain diandalkan sebagai bumbu dapur, bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Merangkum dari Health Line, Rabu (12/2/2020), inilah manfaat bawang putih bagi kesehatan.

 Ilustrasi (Unsplash.com/Tijana Drndarski)
Ilustrasi (Unsplash.com/Tijana Drndarski)

Sebagai obat 'kuat'

Sepanjang sejarah kuno, bawang putih dipercaya bagus untuk meningkatkan kesehatan biologis. Banyak peradaban besar, termasuk Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi dan Tiongkok mempopulerkan khasiat bawang putih. Senyawa belerang dari bawang putihyang masuk ke tubuh dari saluran pencernaan lalu menyebar ke seluruh tubuh, memberikan efek biologis yang kuat.

Sedikit kalori dan bergizi tinggi

Satu siung (3 gram) bawang putih mentah mengandung Mangan: 2% dari Nilai Harian (DV), Vitamin B6: 2% dari DV, Vitamin C: 1% dari DV, Selenium: 1% dari DV, Serat: 0,06 gram. Jumlah kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi dan vitamin B1 yang cukup. Bawang putih juga mengandung 4,5 kalori, 0,2 gram protein dan 1 gram karbohidrat.

Mengurangi tekanan darah

Senyawa sktif dalam bawang putih dapat mengurangi tekanan darah yang memicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah salah satu pendorong timbulnya penykit tersebut.

Penelitian menemukan suplemen bawang putih memiliki dampak yang signifikan pada penurunan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Mencegah penyakit Alzheimer 

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Suplemen bawang putih dosis tinggi telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mengurangi risiko penyakit otak yang umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia. 

Hidup lebih lama

Bawang putih dapat membantu hidup lebih lama. Efek potensial bawang putih pada umur panjang pada dasarnya tidak mungkin dibuktikan pada manusia. Tetapi mengingat efek menguntungkan pada faktor risiko penting seperti tekanan darah, masuk akal bahwa bawang putih dapat membantu seseorang hidup lebih lama .

Fakta bahwa itu dapat melawan penyakit menular juga merupakan faktor penting, karena ini adalah penyebab umum kematian, terutama pada orang tua atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang disfungsional.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Vessy Dwi
JOIN US