10 Penyakit yang Muncul Karena Stres, Bahaya!
Ilustrasi stres. (Pexels/David Garrison)
Health

10 Penyakit yang Muncul Karena Stres, Bahaya!

Pengaruhi fisik.

Rabu, 12 Februari 2020 08:06 WIB 12 Februari 2020, 08:06 WIB

INDOZONE.ID - Rasa stres tidak hanya membuatmu lelah secara mental, tapi juga bisa memengaruhi fisik. Banyak penyakit yang muncul akibat stres dan mungkin tidak disadari.

Gejala-gejala ini akan membuatmu sadar betapa bahayanya rasa stres jika dibiarkan begitu saja. Dilansir dari Boldsky, Rabu (12/2/2020), inilah beberapa penyakit yang bisa muncul akibat stres.

1. Masalah Pencernaan

Stres dapat memengaruhi pencernaan yang mengakibatkan sembelit, diare, muntah, sakit perut, dan mual. Pernapasan yang cepat, peningkatan denyut jantung, dan peningkatan hormon bisa memengaruhi produksi pencernaan yang meningkatkan asam lambung.

2. Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Stres juga bisa memengaruhi kesehatan jantung. Stres menyebabkan denyut jantung lebih cepat dan lebih banyak darah yang dipompa ke seluruh tubuh untuk memasok oksigen yang cukup ke sel. Sementara otot dan sel-sel otak membutuhkan lebh banyak oksigen untuk diproses, ini menyebabkan tekanan darah tinggi yang memicu munculnya stroke.

10 Penyakit yang Muncul Karena Stres, Bisa Mematikan
Ilustrasi sakit jantung. (Thestar)

3. Kekebalan Tubuh Rendah

Orang yang terus-menerus stres lebih rentan terhadap pilek dan flu. Hormon stres membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan mengurangi kemampuan untuk merespons dengan cepat. 

4. Kehilangan Libido

Ketika stres, tubuh melepaskan hormon seperti kortisol dan epinefrin yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan penurunan gairah seks. Jika stres terus berlanjut, dapat menyebabkan perubahan kadar kortisol dan kehilangan libido.

5. Memori Lemah

Stres yang terjadi dalam jangka panjang mengurangi kemampuan otak untuk mengingat sesuatu dan menahannya. Stres juga dapat memengaruhi ingatan jangka pendek maupun panjang.

10 Penyakit yang Muncul Karena Stres, Bisa Mematikan
Ilustrasi sakit kepala. (Pexels/Alexander Dummer)

6. Sakit Kepala

Stres dapat menyebabkan sakit kepala. Pada level stres yang tinggi, dapat membuat pembuluh darah di otak berdenyut dan menyebabkan rasa sakit serta iritasi. Stres juga dapat menyebabkan nyeri dada dan sakit di bagian lainnya.

7. Mimisan

Hidung berdarah atau mimisan dapat terjadi saat tekanan darah meningkat tiba-tiba. Ini adalah pertahanan alami tubuh untuk membiarkan beberapa darah keluar untuk mengontrol tekanan darah.

8. Stres Otot

Saat stres, otot yang tegang dapat menyebabkan sakit kepala, cedera sendi, kejang otot, sakit punggung, sakit bahu, hingga sakit di seluruh tubuh. Saat otot sakit, sebaiknya kamu tidak olahraga dulu.

9. Menstruasi Tidak Teratur

Pada perempuan, stres dapat menyebabkan periode menstruasi perempuan tidak teratur. Reaksi tubuh terhadap stres mencakup perubahan kadar banyak hormon dan memengaruhi keseimbangan. Tekanan psikologis juga dapat mengganggu siklus haid.

10. Memengaruhi Sistem Pernapasan

Hormon stres bisa menyebabkan kekacauan pada sistem pernapasan. Ini dapat menyebabkan pernapasan menjadi lebih cepat karena lebih banyak darah yang kaya oksigen perlu diangkut melalui tubuh. Kalau kamu punya penyakit pernapasan sebelumnya, gejalanya bisa lebih buruk.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US