Ingin Program Hamil? Asupan Makanan Ini yang Harus Dikonsumsi
Ilustrasi ibu hamil. (Freepik)
Health

Ingin Program Hamil? Asupan Makanan Ini yang Harus Dikonsumsi

Jangan makan sembarangan.

Jumat, 17 April 2020 14:02 WIB 17 April 2020, 14:02 WIB

INDOZONE.ID - Banyaknya waktu di rumah bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Bagi pasangan yang menginginkan kehadiran anak atau menambah momongan, waktu sekarang ini bisa digunakan untuk merencanakan kehamilan. Tak perlu sampai ke dokter, cobalah lakukan program hamil dari sisi makanan.

Makanan memiliki peranan penting dalam kehamilan. Kualitas dari makanan yang dikonsumsi berpengaruh pada kualitas kesuburan pasangan. Oleh karenanya, bagi pasangan yang hendak melakukan program kehamilan, sangat penting untuk menyusun daftar menu makanan yang hendak dikonsumsi.

Menurut dokter spesialis gizi klinik, dr Marya Haryono, Sp.GK, langkah utama yang harus dilakukan pasangan adalah membentuk pola makan yang baik yakni sesuai porsi dan gizi seimbang.

makanan sehat
Ilustrasi makanan dengan gizi seimbang. (Freepik)

Apabila pola makan tersebut sudah terbentuk, baru bisa ditambah dengan konsumsi makanan yang tinggi protein untuk program kehamilan. Selain itu, konsumsi lemak tidak jenuh untuk hormonal kesuburan.

"Kondisi sekarang secara umum asupan protein masih kurang. Makanan terlalu banyak digoreng, apalagi tinggal di rumah lebih mudah memilih makanan yang cepat diolah," ujar dr Marya dalam suatu konferensi pers baru-baru ini.

Makanan yang mengandung lemak jenuh bisa didapatkan dari alpukat, beberapa jenis ikan, olive oil, dan lainnya. Selain protein dan lemat tak jenuh, dibutuhkan juga makanan yang mengandung mikronutrien lain yang memengaruhi kesuburan. Mikronutrien tersebut antara lain asam folat dan seng.

"Syarat mutlak untuk program kehamilan adalah makan sesuai dengan porsinya dan bergizi seimbang. Baru setelah itu bisa ditambah protein dan lainnya. Dengan menyediakan berbagai jenis makanan yang telah diatur, dapat meningkatkan kesehatan sel telur dan sperma sehingga lebih optimal untuk program serta kehamilan menjadi lebih sehat," pungkas dr Marya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU