Penting Konsumsi Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh
Buah-buahan (Pexel/Daria Shevtsova)
Health

Penting Konsumsi Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 17 Februari 2020 10:36 WIB 17 Februari 2020, 10:36 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh penelitian Inggris menemukan hampir setengah penduduk di Inggris tidak rajin mengonsumsi buah dan sayur. Hal ini juga mungkin terjadi pada penduduk di Indonesia.

Padahal kita tahu bahwa konsumsi buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan. Karena buah merupakan sumber vitamin C terbaik dan kandungan antioksidan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh sangat membutuhkan asupan buah, setidaknya satu buah sehari yang dikonsumsi, agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Selain itu buah dan sayur juga kaya fitokimia yang merupakan zat kimia yang hanya ditemukan dalam buah dan sayur, yang berfungsi melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Zat kimia yang ada di dalam buah dan sayur di antaranya ialah  betakaroten, likopen, dan juga polifenol. Betakaroten, likopen berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung, katarak dan kanker.

Tidak hanya bisa dimakan langsung, buah juga dapat kamu konsumsi bersama dengan sumber protein, seperti kacang-kacangan atau yogurt.

Hampir semua buah juga mengandung potasium, yakni mineral yang mampu menurunkan tekanan darah. Konsumsi buah secara rutin juga baik untuk pencegahan penuaan dini, karena vitamin C yang ada pada buah dapat menangkal radikal bebas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri