The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penyebab Badan Pegal-Pegal dan Cara Tepat Mengatasinya
Ilustrasi badan pegal-pegal (photo/istock/fatihhoca)
Health

Penyebab Badan Pegal-Pegal dan Cara Tepat Mengatasinya

Selasa, 23 Februari 2021 17:00 WIB 23 Februari 2021, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Badan pegal-pegal sebenarnya kerap dialami oleh semua orang, namun sering juga diabaikan karena dianggap sebagai gejala kelelahan. Namun ternyata penyebab badan pegal-pegal bukan hanya karena capek, loh!

Ada beberapa penyebab badan pegal-pegal dan badan sakit semua yang perlu kamu ketahui untuk mendapatkan cara penanganan yang tepat. Cara mengatasi pegal-pegal dapat dilakukan secara alami dengan kegiatan tertentu.

Mengonsumsi obat pegal-pegal merupakan langkah ampuh jika badan pegal-pegal tak tertahankan. Namun, jika pegal linu muncul secara terus menerus, sebaiknya kamu segera kunjungi layanan kesehatan karena kondisi tersebut bisa menandakan penyakit tertentu. 

Penyebab Badan Pegal-Pegal

Sebelum mengatasi badan pegal-pegal, sebaiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab badan pegal-pegal agar bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

  • Stres. Penyebab badan pegal-pegal utamanya karena pengaruh kondisi mental, salah satuya ketika mengalami stres. Stres membuat otot-otot jadi tegang, sehingga tubuh akan bereaksi dengan menimbulkan pegal-pegal dan badan sakit semua.

  • Kurang Tidur. Kebiasaan begadang membuat jam tidur berkurang, sehingga tubuh tidak dapat meregenerasi sel-sel secara maksimal saat tidur. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak menghasilkan energi yang cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

  • Cedera Otot. Cedera otot yang terjadi setelah berolahraga atau terjatuh, dapat mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada bagian tubuh yang mengalami benturan, maka badan pun menjadi pegal-pegal.

  • Dehidrasi. Kekurangan cairan juga berpotensi membuat badan pegal-pegal dan terasa sakit semua. Hal ini dikarenakan tubuh tidak berfungsi secara optimal saat kekurangan cairan. Tak hanya itu, dehidrasi juga bikin tubuh mudah lelah.

  • Kurang Bergerak. Berdiri atau duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan badan terasa pegal-pegal, karena beban tubuh hanya bertumpu pada bagian tubuh tertentu saja, sehingga persendian menjadi kaku.

  • Olahraga Berlebihan. Cedera otot biasanya muncul setelah melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, seperti olahraga berat. Apalagi jika olahraga tersebut tidak diawali dengan peregangan, maka otot akan merasa 'terkejut'.

  • Postur Tubuh yang Buruk. Kebiasaan postur yang buruk seperti duduk dengan punggung membungkuk ke depan dan berdiri dengan satu kaki, bisa menyebabkan tekanan pada otot tertentu sehingga menimbulkan pegal linu.

  • Terinfeksi Penyakit. Dalam beberapa kasus, badan pegal-pegal menjadi salah satu gejala terinfeksi penyakit tertentu, seperti flu, radang sendi, kelelahan kronis, fibromyalgia, lupus, hipotiroidisme, hingga mononukleosis.

Cara Mengatasi Badan Pegal-Pegal

Ada beberapa cara ampuh mengatasi pegal-pegal yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Berikut ini Indozone bagikan cara mengatasi badan pegal-pegal paling ampuh yang aman dan tanpa efek samping.

1. Minum Air Putih Hangat


minum air putih hangat - badan pegal pegal
photo/istock/RyersonClark

Pertolongan pertama untuk mengatasi badan pegal-pegal adalah dengan minum air putih hangat. Manfaat minum air hangat salah satunya adalah dapat meredakan nyeri.

Hal ini karena air hangat berperan untuk menenangkan sistem saraf, meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh, dan menenangkan tubuh.

Tak hanya itu, minum air hangat juga dapat meredakan stres, sehingga otak kamu menjadi lebih rileks dan dapat mengontrol rasa panik sepanjang hari. 

2. Lakukan Peregangan


lakukan peregangan - badan pegal pegal
photo/istock/PeopleImages

Stretching atau peregangan otot juga mampu mengatasi badan pegal-pegal yang kamu rasakan akibat otot yang kaku karena kurang bergerak.

Gerakan peregangan mampu melenturkan kembali otot yang kaku, sebab menghasilkan panas yang dapat membuat otot menjadi lebih santai.

Kamu bisa melakukan gerakan peregangan selama minimal 15 menit dengan mengikuti panduan stretching pada media sosial. 

3. Istirahat yang Cukup


istirahat yang cukup - badan pegal pegal
photo/istock/Vera_Petrunina

Riset yang dilakukan oleh Sleep Science, kualitas tidur yang buruk membuat bagian tubuh Hipotalamik Pituitari Adrenal (HPA), mengalami gangguan dan menyebabkan peradangan.

Oleh sebab itu, istirahat yang cukup sangat penting bagi tubuh untuk memberikan waktu bagi sendi memulihkan rasa pegal dan nyeri otot yang kamu rasakan.

Meski sederhana namun cara mengatasi badan pegal-pegal dengan beristirahat yang cukup terbukti ampuh menghilangkan pegal linu secara alami.

4. Berendam Air Hangat


berendam air hangat - badan pegal pegal
photo/istock/brazzo

Selain minum air hangat, berendam air hangat juga manjur menghilangkan badan pegal-pegal, terutama yang disebabkan oleh stres dan aktivitas berat.

Dengan berendam air hangat, hawa panas akan meresap ke kulit dan menjangkau seluruh otot sehingga membantu melancarkan peredaran darah.

Kondisi tersebut bermanfaat untuk mengurangi ketegangan dan tekanan pada otot. Setelah berendam air hangat, tubuh pun menjadi lebih rileks.

5. Berenang


berenang - badan pegal pegal
photo/istock/SolisImages

Obat pegal-pegal alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan olahraga yang menyenangkan, yakni berenang.

Berenang diketahui efektif mengurangi pegal-pegal karena gerakan renang melibatkan seluruh bagian tubuh sehingga rasa nyeri bisa diatasi dengan cepat.

Namun, sebaiknya pilihlah kolam renang di dalam ruangan atau indoor, untuk menghindari udara dingin yang bisa memperparah kondisi badan pegal-pegal.

6. Terapi Pijatan


terapi pijatan badan pegal pegal
photo/istock/yanik88

Terapi pijatan mampu meredakan nyeri dan merelaksasikan tubuh yang merasakan pegal-pegal, terutama jika disebabkan oleh postur yang buruk dan cedera otot ringan.

Kamu bisa melakukan pijatan lembut dengan menekan dan menggosok kulit pada bagian tubuh yang pegal. Kamu juga bisa gunakan minyak esensial untuk memberikan efek menenangkan.

Pijatan terbukti ampuh meredakan pegal-pegal di leher, bahu, perut, punggung, pinggul, dan kepala. Kamu juga bisa mengunjungi tempat spa atau pijat refleksi untuk hasil yang instan.

7. Minum Obat Pereda Nyeri


minum obat pereda nyeri pegal linu
photo/istock/Moussa81

Bila badan pegal-pegal tak tertahankan dan mengganggu aktivitas penting, maka kamu bisa segera minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen.

Paracetamol dapat mengatasi rasa nyeri dan mengurangi rasa pegal, sementara ibuprofen memiliki efek antinyeri dan antiperadangan.

Kedua obat ini bekerja pada saraf sensoris sehingga bisa mencegah inflamasi penyebab nyeri. Kamu bisa membeli kedua obat ini secara bebas di apotek.

Itulah penyebab badan pegal-pegal dan cara ampuh mengatasinya yang bisa segera kamu terapkan. Jika pegal-pegal makin buruk, segera konsultasi di layanan kesehatan terdekat, ya! Semoga lekas membaik!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US