The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-hati! Tubuh Kurus Tidak Menjamin Bebas dari Kolesterol Tinggi
Ilustrasi orang kurus (Unsplash)
Health

Hati-hati! Tubuh Kurus Tidak Menjamin Bebas dari Kolesterol Tinggi

Minggu, 11 April 2021 13:38 WIB 11 April 2021, 13:38 WIB

INDOZONE.ID - Banyak yang mengira hanya orang gemuk yang punya banyak penyakit. Padahal, pada kenyataannya orang kurus pun berpotensi memiliki kolesterol tinggi.

Manager Medical Underwriter Sequis, dokter Fridolin Seto Pandu, mengatakan gemuk atau kurus bukanlah patokan bebas kolesterol tinggi.

Dia menjelaskan bahwa maksud dari kolesterol tinggi adalah ketidakseimbangan antara kolesterol baik dan kolesterol jahat.

"Penyakit ini disebut dislipidemia dan lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat," ujar dr. Fridolin, dilansir Antara, Minggu (11/4/2021).

Dislipidemia atau kelainan metabolisme lemak ditandai dengan peningkatan atau penurunan jenis lemak dalam plasma darah.

Kelainan jenis lemak yang utama adalah kenaikan kadar kolesterol total, kolesterol LDL (low-density lipoprotein), Trigliserida, dan penurunan kadar kolesterol HDL (high-density lipoprotein).

Namun, kelainan lemak ini tidak menunjukkan gejala. Orang yang tampak kurus juga bisa mengalami kelainan lemak jika tidak pernah melakukan pemeriksaan.

Jika kolesterol terus menumpuk di pembuluh darah, maka berpotensi menimbulkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Namun, bukan berarti kamu tidak membutuhkan kolesterol. Kolesterol berfungsi untuk regenerasi sel, produksi hormon, membentuk vitamin D dan dalam proses pencernaan. 

Pemeriksaan kadar kolesterol sebaiknya dilakukan rutin setiap lima tahun sekali. Namun, jika memiliki potensi kolesterol tinggi sebaiknya melakukan cek setiap enam bulan sampai 1 tahun sekali.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar lemak darah di atas normal, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan tips dan pengobatan yang tepat.

Bila tidak segera ditangani akan berisiko pada terjadinya berbagai penyakit, terutama penyakit jantung koroner dan stroke.

Untuk terhindar dari gangguan kolesterol, hindarilah makanan fast food, makanan yang digoreng, daging olahan, seperti sosis serta chicken nugget, seafood, jeroan, susu full cream, dan makanan-makanan yang bersantan, tidak merokok dan mengurangi alkohol.

Artikel menarik lainnya

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US