The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tubuh Mudah Kedinginan? Waspadai 5 Penyakit Ini
ilustrasi wanita sedang kedinginan (captiv8promos)
Health

Tubuh Mudah Kedinginan? Waspadai 5 Penyakit Ini

Selasa, 04 Februari 2020 15:12 WIB 04 Februari 2020, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - Ketika hujan tiba, tubuh tentu akan merasa kedinginan. Hawa dingin yang berhembus tertiup angin, membuat tubuh langsung meringkuk menahankan dingin yang menusuk tulang.

Selain hujan, berada di ruang ber-AC terlalu lama juga bisa membuat tubuh kedinginan. Tapi pernahkah kamu mengalami dingin secara terus menerus, padahal dalam suhu normal?

Jika hal ini terjadi, ada baiknya jika kamu mengantisipasi kondisi tersebut karena boleh jadi itu adalah tanda adanya suatu penyakit. Berikut ini sejumlah penyakit yang muncul saat tubuh mudah kedinginan.

1. Terlalu kurus atau anoreksia

kurus
ilustrasi wanita kurus (unsplash/thin)

Ketika tubuh kekurangan lemak atau tak memiliki banyak lemak, maka tubuh akan mudah merasa kedinginan, karena lemak berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak protein, lemak dan karbohidrat kompleks.

2. Diabetes

diabates
ilustrasi pemeriksaan darah penderita diabetes (pixabay/Tesa Robbins)

Penderita diabetes bisa mengalami masalah neuropati perifer. Kondisi ini bisa membuat saraf yang bertanggung jawab atas indera jadi rusak. Bahkan penyakit diabetes yang tidak terkontrol dalam jangka panjang bisa menyebabkan komplikasi pada saraf dan ginjal. Gejala dari komplikasi ini berupa kedinginan sepanjang waktu, hilangnya selera makan, sesak napas, kebingungan, gatal-gatal, bengkak di bagian tubuh, serta mual dan muntah.

3. Kurang tidur

tidu
ilustrasi orang kekurangan tidur (unsplash/Alexandra Gorn)

Siapa sangka jika kekurangan tidur bisa menyebabkan tubuh mudah kedinginana. Kurang tidur dapat mengganggu sistem saraf dan mengacaukan hipotalamus di otak yang mengatur suhu tubuh. Ketika seseorang begadang lebih lama dari biasanya, maka suhu tubuh akan turun selama tidur. Itulah kenapa saat bangun, tubuh merasa dingin akibat metabolisme yang lambat.

4. Anemia

anemia
ilustrasi pemeriksaan darah penderita anemia (edziecko)

Seseorang yang mengidap anemia, karena pasokan zat besi rendah dapat merusak sirkulasi proses pembawaan oksigen ke dalam darah. Kadar zat besi yang rendah inilah bisa membuat tangan dan kaki jadi dingin. Untuk mencegah kondisi ini, perbanyaklah mengonsumsi daging, telur, ikan, sayuran hijau dan seafood.

5. Dehidrasi

air
ilustrasi wanita sedang dehidrasi (active)

Ketika tubuh tidak memiliki pasokan air cukup, tubuh tentu tak akan mampu melakukan sirkulasi darah secara efektif. Alhasil, beberapa bagian tubuh pun mudah merasa kedinginan. Asupan air dalam tubuh berfungsi untuk mengontrol suhu tubuh. Itulah kenapa saat dehidrasi, tubuh akan lebih sensitif terhadap suhu ekstrem. Untuk mencegahnya, pastikan tubuh mendapat asupan air yang cukup.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer
JOIN US
JOIN US