The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kemenkes Tegaskan Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri setelah 2 sampai 4 Minggu
Ilustrasi cacar monyet. (REUTERS/Dado Ruvic)
Health

Kemenkes Tegaskan Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri setelah 2 sampai 4 Minggu

Pasca masa inkubasi.

Senin, 27 Juni 2022 12:00 WIB 27 Juni 2022, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Jaringan Kesehatan Dunia (WHN) pada Kamis (23/6/2022) mengumumkan wabah cacar monyet sebagai pandemi. Namun ketetapan WHN tersebut dibantah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berdasarkan hasil rapat WHO beberapa hari yang lalu, pakar sepakat masih mempertimbangkan kemungkinan apakah wabah itu perlu dinyatakan sebagai Public Health Emergency International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global seperti COVID-19.

Cacar monyet atau monkeypox merupakan wabah yang dapat menular dari hewan ke hewan dan dari hewan ke manusia.

Meski belum ditetapkan sebagai pandemi dan belum ada laporan kasus di Indonesia, kamu perlu ketahui apa saja karakteristik dari cacar monyet.

"Kalau dari hewan ke manusia penularannya melalui kontak langsung antara hewan dan manusia," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH  pada konferensi pers secara virtual, Jum'at (24/6/2022).

Penularan dari hewan ke manusia melalui cairan tubuh terutama bagian tubuh yang ada cacar seperti di sekitar muka atau tubuh hewan. Selain itu juga penularan ke manusia bisa melalui daging hewan tersebut yang tidak dimasak secara matang.

Baca juga: Bantah Ketetapan WHN, WHO Pastikan Status Cacar Monyet Belum Darurat Global

Sementara penularan dari manusia ke manusia bisa melalui udara, cairan tubuh atau cacar yang ada di muka, mulut, tangan maupun di badan. Kalau kontak langsung juga ada melalui saluran napas atau terjadi droplet.

Masa inkubasi monkeypox 5 sampai 13 hari atau 5 sampai 21 hari. Ada dua periode, pertama masa invasi, terjadi 0 sampai 5 hari terjadi demam tinggi, sakit kepala yang berat, dan ada benjolan atau pembesaran kelenjar limfa di leher, kemudian diketiak, atau selangkangan.

Kedua, masa erupsi, terjadi 1 sampai 3 hari pasca demam, terjadi ruam pada kulit, ruam pada wajah, telapak tangan, kaki, mukosa, alat kelamin, dan selaput lendir mata.

"Cacar monyet ini bisa sembuh sendiri setelah 2-4 minggu pasca masa inkubasinya selesai. Penyakit ini akan sembuh sendiri tidak terlalu berat. Dari negara-negara yang melaporkan kasus monkeypox hanya sekitar 10% pasien dirawat di rumah sakit," ucap dr. Syahril.

Sampai saat ini belum ada kasus kematian yang disebabkan oleh monkeypox di negara-negara yang sudah melaporkan.

Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan waspada meski penyakit ini dinilai tidak begitu berbahaya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US