The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah Dorong Industri Gim Nasional Bisa Kuasai Pasar Dalam dan Luar Negeri
Ilustrasi Game. (photo/Unsplash/Omid Armin/ilustrasi)
Game

Pemerintah Dorong Industri Gim Nasional Bisa Kuasai Pasar Dalam dan Luar Negeri

Sabtu, 20 November 2021 23:45 WIB 20 November 2021, 23:45 WIB

INDOZONE.ID - Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan bahwa pemerintah mendorong industri gim (game) nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri, salah satunya melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021.

"Kita ingin melihat para pelaku industri gim dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan gim developer global, dan membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar tapi juga pemain penting dalam tatanan industri gim dalam negeri maupun luar negeri," kata Johnny dalam siaran pers, Sabtu (20/11) dikutip dari ANTARA.

Pada IGDX 2021 terdapat empat kegiatan utama yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference, yang melibatkan pelaku industri gim baik dalam negeri maupun luar negeri.

Johnny berharap gelaran tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengembang gim lokal untuk mencari informasi, ilmu pengetahuan, dan jejaring baru.

Baca juga: Hubungan dengan Sang Ayah Retak, Adele: Itu Semua Karena Alkohol

Dirinya juga mendorong para pelaku industri gim Indonesia untuk meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

"Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk permainan atau gim yang lebih berkualitas juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki," ucap dia.

Menurut Johnny, pelibatan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dalam IDGX merupakan upaya kolaborasi agar kegiatan berlangsung semakin variatif, inovatif, dan kreatif.

Ia menila, IDGX menjadi sarana peningkatan kualitas SDM industri gim Tanah Air dan wadah untuk menampilkan karya industri gim dalam negeri.

Menteri Johnny menilai pencapaian itu menunjukkan target peserta sudah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu memfasilitasi pengembang gim profesional dan pelajar agar dapat meningkatkan kemampuan serta memperluas jejaring.

Saat ini Indonesia merupakan pasar industri gim terbesar di Asia Tenggara dan menduduki peringkat ke -17 dunia. Tercatat pula terdapat 52 juta penduduk Indonesia yang merupakan gamer.

Namun faktanya, kata dia, pada tahun 2020, baru 0,4 persen industri lokal yang berkecimpung di pasar gim Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US