The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Es Serut di Negara Ini Terbuat dari Salju Asli Pegunungan, Gimana Rasanya?
Es serut yang terbuat dari salju (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Food

Es Serut di Negara Ini Terbuat dari Salju Asli Pegunungan, Gimana Rasanya?

Sabtu, 10 September 2022 19:11 WIB 10 September 2022, 19:11 WIB

INDOZONE.ID - Es serut populer di seluruh dunia, dengan sebutan berbeda di tiap negara. Di Turki, es serut dinamankan ‘karlama’, yang berarti ‘salju’. Bukan sekedar nama, karlama beneran terbuat dari salju asli! Minuman ini populer di Provinsi Antalya, Selatan Turki.

karlama turki
Karlama, es serut dari salju asli (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Menjelang dan selama musim panas, para pengepul salju pergi ke Pegunungan Taurus. Mereka mendaki dataran tinggi, untuk mengambil salju murni. Berbekal pahat dan gergaji, mereka mendaki ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Supaya engga cepat mencair, bongkahan salju dipadatkan.

Salju yang terkumpul diangkut dengan truk dan dibawa ke daerah pesisir. Pengepul hanya akan membawa salju bersih, dari lubang-lubang penampungan di Pegunungan Taurus.

karlama
Turis membeli karlama dari pedagang keliling (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Saat musim panas, penjual karlama bermunculan. Umumnya, mereka menjajakan minuman ini di pasar-pasar tradisional, dengan gerobak colourful. Karlama merupakan paduan salju dan sirup buah, seperti lemon, ceri, stroberi, apel dan blackberry.

Ada juga yang menjualnya dengan siraman madu, molase (sejenis gula merah cair), serta serbat yaitu campuran gula, air dan perasan jeruk lemon. Harganya 5 TL per gelas (Rp4 ribu).

karlama
Karlama dicampur buah, madu atau pemanis sejenis gula merah cair (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Kalau pedagang keliling menjual karlama siap minum, beda lagi dengan para pedagang yang mangkal. Mereka ‘meracik’ karlama dadakan. Bongkahan salju murni diserut, lalu ditambahkan sirup, molase, bubuk kayu manis, topping kacang atau buah segar sesuai permintaan pembeli. Sekilas mirip es campur di Indonesia.

Karlama merupakan minuman populer di musim panas, karena bisa mendinginkan tubuh. Rasanya segar, tekstur es-nya lembut dan warnanya eye-catching banget!

karlama
Karlama, es serut khas Turki (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Engga semua karlama menggunakan salju asli. Di bazaar-bazaar, lokasi wisata, kafe dan supermarket, banyak dijual karlama dari es yang diproses dengan mesin khusus.

Mirip Slurpee-nya gerai Seven Eleven. Teksturnya lebih kasar dan biasanya menggunakan perasa makanan. Selama musim panas di Turki, banyak supermarket yang menjual karlama beku dalam kemasan khusus

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US