The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Beberapa Jenis Buah dan Sayuran Lebih Baik Tak Dikupas Kulitnya, Apa Alasannya?
Ilustrasi buah. (Freepik/Azerbaizan_Stockers)
Food

Beberapa Jenis Buah dan Sayuran Lebih Baik Tak Dikupas Kulitnya, Apa Alasannya?

Baik untuk kesehatan.

Selasa, 01 Desember 2020 14:48 WIB 01 Desember 2020, 14:48 WIB
Saat ingin memakan buah dan sayur, kamu mungkin terbiasa untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu. Ada banyak alasan mengapa orang cenderung mengupas kulit buah dan sayur, salah satunya adalah faktor kebiasaan. Sebab bagi sebagian orang, kulit buah dan sayur bukanlah sesuatu yang dapat dimakan.
 
Selain itu, ada juga orang yang sengaja mengupas kulit buah dan sayur karena tak ingin pestisida yang menempel pada kulit tersebut ikut masuk ke dalam tubuh. Hal ini seringkali menjadi perdebatan, apakah kita perlu membuang kulit buah dan sayur atau lebih baik tetap memakannya?
 
 
Dilansir dari healthline.com, ada beberapa kulit buah dan sayur yang mengandung nutrisi seperti vitamin, antioksidan, serat, dan mineral, sehingga sangat disayangkan jika kulit tersebut harus dibuang. Bahkan, ada jenis buah dan sayur yang lebih baik dikonsumsi tanpa dikupas. 
 
Faktanya, hampir semua jenis kulit pada buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Sehingga, ada baiknya kamu tetap membiarkan buah dan sayur dalam keadaan tidak dikupas. Namun, kamu juga tak boleh memaksakan diri untuk mengkonsumsi kulit buah dan sayur jika hal itu mengganggu.
kulit buah, buah sehat, buah,
Ilustrasi buah. (Freepik/Racool_studio)

INDOZONE.ID - Misalnya saja memaksakan diri untuk memakan kulit nanas karena terdapat kandungan anti inflamasi, serta kaya vitamin dan serat. Padahal, kulit nanas sulit untuk dikonsumsi karena memiliki tekstur yang keras dan kasar. Jika kamu tetap mengkonsumsi kulit nanas, kamu tidak akan mendapatkan manfaat, sebab kulit tersebut tidak dapat dicerna oleh tubuh.

 
Salah satu kulit buah yang bisa kamu konsumsi dan mengandung banyak manfaat adalah apel. Dengan memakan apel dan kulitnya, kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin C 100 kali lebih banyak daripada apel yang dikupas.
 
Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kurang lebih 100 kali lipat kandungan vitamin C, kalium, folat, fosfor, dan magnesium lebih banyak pada kentang yang tidak dikupas daripada kentang yang sudah dikupas.
 
Bukan hanya kandungan nutrisinya, memakan buah dan sayur yang belum dikupas juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sebab, ada kandungan serat tiga kali lipat lebih tinggi pada buah dan sayur yang belum dikupas.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Fiddy Anggriawan
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US