The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Hilangkan Kadar Garam dalam Tubuh dengan Kalium
Pisang, salah satu buah yang kaya kalium. (Pixabay/Bryanbeedit)
Food

Cara Hilangkan Kadar Garam dalam Tubuh dengan Kalium

Selasa, 01 Desember 2020 13:33 WIB 01 Desember 2020, 13:33 WIB

INDOZONE.ID - Sodium atau natrium, bersama dengan kalium dan klorida, merupakan elektrolit utama dalam tubuh. Masing-masing nutrisi penting ini diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal. 

Sodium dalam bentuk garam, berlimpah dalam makanan manusia. Asupan sodium yang berlebihan ini menyebabkan tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sementara menjaga asupan natrium harian di bawah 1.500 mg per hari, dapat membantu mengurangi beban jantung Anda. 

Untungnya, ada hubungan terbalik antara kalium dan natrium yang dapat dimanfaatkan, sebagai cara untuk mengurangi natrium dalam tubuh.

Baca Juga: Buah Pawpaw, Kombinasi Rasa Unik Pisang, Nanas dan Mangga

Ubi jalar dan kacang polong yang kaca kalium
Ubi jalar dan kacang polong yang kaca kalium. (Pixabay/auntmasako/piviso)

Saat kadar kalium atau potasium meningkat, kadar natrium menurun dan sebaliknya. Melalui konsumsi makanan kaya kalium atau suplemen kalium, Anda dapat membantu menghilangkan sebagian kelebihan natrium dari tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalium, maka tubuh Anda secara alami akan mengeluarkan natrium melalui urin. 

Beberapa makanan yang kaya akan kalium di antaranya adalah ubi jalar, kacang polong, pisang, jamur, bayam, sayuran hijau, tomat, jeruk, kacang lima, prune, aprikot, kiwi, melon, kentang, labu kuning, brokoli dan kismis. 

Selain itu, semua daging merah, ayam, ikan, susu, yogurt, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber kalium yang baik.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US