The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gurihnya Meresap, Makanan Primadona Jepara Ini Omzetnya Rp900 Ribu Per Hari!
Ikan asap yang laris manis jelang Lebaran (Dedy Setyawan/IDZ Creators)
Food

Gurihnya Meresap, Makanan Primadona Jepara Ini Omzetnya Rp900 Ribu Per Hari!

Rabu, 27 April 2022 11:13 WIB 27 April 2022, 11:13 WIB

INDOZONE.ID - Sepekan jelang Lebaran, produsen ikan asap di Desa Kerso Kedung, Jepara, Jawa Tengah, kebanjiran pesanan. Rata-rata produsen ikan asap bisa mengalami kenaikan pembelian sampai 90%! Enggak heran, karena ikan asap Jepara ini terkenal gurih. Proses pengasapan membuat aroma dan rasanya jadi berbeda dibanding ikan yang dibakar atau digoreng.

Sesuai namanya, ikan asap adalah ikan laut yang diproses dengan cara pengasapan dengan kayu bakar. Biasanya proses pengasapan memakan waktu hingga dua jam atau matang sampai ke seluruh bagian daging ikan.

ikan asap jepara
Proses pengasapan ikan (Dedy Setyawan/IDZ Creators)

Anifah, salah satu pembuatnya mengaku menghabiskan lebih dari 50 kilogram ikan jenis tongkol, badong dan manyung setiap hari untuk membuat ikan asap. Dibandingkan hari biasanya, keuntungan jelang Lebaran mencapai Rp900 ribu per hari atau sekitar Rp5-6 juta per bulan.

“Harganya tidak saya naikkan mas karena ini ikannya dibakar atau dipanggang, jadi tidak memerlukan minyak goreng” terang Anifah saat ditemui Tim IDZ Creators.

Menurut Anifah, ikan yang paling banyak menjadi idola pembeli adalah ikan tongkol. Selain harganya yang murah, ikan ini terkenal berdaging tebal dan cita rasa yang sangat khas.

ikan asap jepara
Ikan mentah segar yang akan diproses (Dedy Setyawan/IDZ Creators)

Untuk harga ikan asap bervariasi, mulai dari Rp3 ribu dan Rp5 ribu per potong tergantung besar kecilnya ikan. Sedangkan untuk ikan asap kepala manyung harga Rp15 ribu– Rp20 ribu per buah.

ikan asap jepara
Ikan yang telah diasap dan siap dijual (Dedy Setyawan/IDZ Creators)

Kalau mau lebih murah, kamu bisa datang langsung ke produsennya dan dapatkan tiga potong ikan asap hanya dengan modal Rp10 ribu saja. Selain bisa melihat proses pembuatan, membeli ikan asap di produsen terjamin kesegarannya, dibandingkan membelinya di pasar.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Dedy Setyawan
Dedy Setyawan

Dedy Setyawan

Community Writer
JOIN US
JOIN US