The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gokil! Mantan Sopir Buka Warung Makan Omzetnya Rp25 Juta Sehari, Sebulan Cuannya Berapa?
Seporsi sederhana untungnya luar biasa (Z Creators/Gayuh Satria)
Food

Gokil! Mantan Sopir Buka Warung Makan Omzetnya Rp25 Juta Sehari, Sebulan Cuannya Berapa?

Senin, 29 Agustus 2022 10:40 WIB 29 Agustus 2022, 10:40 WIB

INDOZONE.ID - Nasib orang memang enggak ada yang tahu, seperti Ilham Nadhir (37) warga Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, seorang mantan sopir bus ini bisa meraih omzet hingga Rp25 juta dalam sehari berkat nasi lalapan sambal ijo.

Mantan sopir jadi pengusaha kuliner

Berawal dari rasa kangennya dengan keluarga, saat menjadi sopir bus ia harus selalu berjauhan dengan keluarganya. Apalagi bus yang ia sopiri enggak hanya ke luar kota, tapi luar pulau. Ilham merupakan mantan sopir bus Jawa-Sumatra yang bisa memakan waktu hingga satu minggu lamanya dalam sekali perjalanan pulang-pergi. 

sambel ijo
Warung makan sambel ijo terkenal di Ponorogo (Z Creators/Gayuh Satria)

Dari hal tersebut ia pun rela melepaskan pekerjaan menjadi sopir yang sudah ia geluti selama 10 tahun ke belakang pada 2013 silam, setelah itu berbagai pekerjaan pun ia lakoni. Salah satunya ia juga sempat menjadi makelar kendaraan second atau bekas, hingga pada 2014 ia nekat membuka sebuah angkringan atau warung kopi. 

“Saat berjualan warung kopi tersebut, ternyata banyak pembeli yang menanyakan makanan ini itu, padahal sudah saya sediakan nasi kucing,” kata Ilham, Minggu (28/8/2022). 

Dari hal tersebut ia kemudian mencoba peruntungan untuk membuat menu berbahan sambal. Karena sejak kecil ia sudah tinggal di Sumatera, ia pun mencoba meracik sambal ijo khas Sumatera yang penjualnya masih jarang di Pulau Jawa, terutama Ponorogo.

“Sejak kecil saya di Sumatera, tapi bapak saya asli Ponorogo, apalagi saya dapat istri orang Ponorogo juga,” ujar Ilham. 

sambel ijo ponorogo
Ilham meracik sambel ijo khas Sumatera (Z Creators/Gayuh Satria)

Sebenarnya alasan terbesar lainnya Ilham banting setir membuka usaha kuliner adalah karena usaha angkringannya enggak menguntungkan. Ia berkisah pernah dalam satu malam hanya mampu meraih omset Rp127 ribu. Nominal tersebut belum terpotong dengan biaya lain-lain dan bahan untuk berjualan lagi. 

sambel ijo
Sambel ijo yang khas buatan Ilham (Z Creators/Gayuh Satria)

Enggak mau terus merugi, Ilham kemudian putar haluan berganti usaha lain dengan membuka kedai lalapan sambal ijo lengkap dengan ayam, lele dan bebek goreng.

Cara unik memasarkan dagangan

sambel ijo ponorogo
Foto pelanggan terpajang di sudut kedai (Z Creators/Gayuh Satria)

Meski pada awalnya sepi, namun lambat laun racikan sambalnya mulai dikenal masyarakat. Terlebih ia pun mempromosikan warungnya dengan cara unik. 

Setiap pengunjung yang datang baik itu rombongan, ataupun hanya seorang diri, ia selalu menyempatkan untuk mengambil foto pelanggan dan mencetaknya ke dalam sebuah foto lengkap dengan bingkai foto. Dari hal tersebut, warung yang ia namai Rajabasa Sambal Ijo ini kemudian menjadi laris manis dan dikenal banyak orang. 

“Siapa saja yang mampir selalu saya sempatkan untuk difoto kemudian saya cetak, tidak peduli itu hanya orang yang memang kebetulan saja mampir atau memang sengaja ingin menikmati sambal ijo,” ungkap Ilham. 

sambel ijo
Warung Sambel Ijo yang datangkan omzet puluhan juta sehari (Z Creators/Gayuh Satria)

Sampai akhirnya ia bisa membesarkan warung kecilnya, dari awalnya hanya berjualan di sebuah ruko pasar, kini ia memiliki sebuah warung makan di jalan Ponorogo-Trenggalek, di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, yang mampu menampung parkir belasan kendaraan roda empat dan ratusan pengunjung.

Sedekah kunci pembuka rezeki

sambel ijo ponorogo
Menu andalan di kedai Ilham (Z Creators/Gayuh Satria)

Bapak dua anak ini pun membeberkan kunci suksesnya dalam membuka sebuah usaha. Salah satunya adalah sadekah kepada sesama, utamanya kepada anak yatim piatu. Selain kepada anak yatim piatu, ia mengaku juga sering menyumbang untuk pembangunan masjid agar usahanya terus bisa didoakan agar lancar dan barokah. 

“Mulai anak yatim, ibu hamil, hafiz, orang yang berbuka puasa Senin-Kamis, musafir, tak gratiskan makan sepuasnya di warung. Intinya sedekah, itu bisa menarik rejeki,” ucap Ilham.

Uniknya selain menggratiskan, ia juga memberikan denda kepada pengunjung yang enggak menghabiskan makanannya. Karena di warungnya berbasis prasmanan dan dapat mengambil sepuasnya untuk nasi, sambal dan lalapan maka ia mewanti-wanti ke pengunjung untuk menghabiskan nasi, sambal, dan lalapan yang diambilnya.

“Kalau tidak habis kita denda Rp10 ribu,” pungkas Ilham. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Gayuh Satria
Gayuh Satria

Gayuh Satria

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US