The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tusuk Jeruji Sepeda, Bikin Sate Kambing Topo Empuk, Matang Sempurna!
Sate kambing dengan tusuk jeruji besi (Eksani/IDZ Creators)
Food

Tusuk Jeruji Sepeda, Bikin Sate Kambing Topo Empuk, Matang Sempurna!

Senin, 17 Januari 2022 13:31 WIB 17 Januari 2022, 13:31 WIB

INDOZONE.ID - Penyuka olahan daging kambing, pasti enggak asing lagi sama sate klatak, yang hits di Yogyakarta. Sate klatak, populer karena cara mengolahnya yang unik. Kalau biasanya sate dibakar dengan tusuk bambu atau kayu, sate klatak dibakar menggunakan tusuk jeruji sepeda, yang terbuat dari besi.

Nah, bukan cuma di Yogyakarta, sate klatak juga bisa kamu nikmati di Klaten, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sidowayah. Penjualnya bernama Topo, yang juga jadi nama kedai, Sate Kambing Topo. Dalam menjalankan usahanya, Topo dibantu istri dan anaknya. 

sate klatak
Topo sedang membuat sate klatak di depan kedainya (Eksani/IDZ Creators)

Ditemui oleh Tim IDZ Creators, Topo (52) menceritakan awal mula berjualan sate kambing, 2004 silam. Menurutnya, ilmu dan resep mengolah daging kambing hingga jadi sate, gulai, tongseng hingga tengkleng, didapat dari generasi terdahulu alias sudah turun temurun.

sate kambing topo
Pembeli bisa ambil nasi sendiri (Eksani/IDZ Creators)

Meski begitu, Topo enggak segan berbagi rahasia mengolah daging kambing biar empuk. Hal ini ia ceritakan sambil terus mengipas sate kambing dengan alat bakaran tradisional.

sate klatak
Sate kambing dibakar menggunakan tungku dan arang tradisional (Eksani/IDZ Creators)

“Rahasia dari sate kambing biar enak dan lezat itu selain bumbu rempah yang khas, tentu dengan cara memasaknya dengan pakai arang dan tungku yang juga khas.” Kata Topo.

Diakui Topo, cara membakar daging juga bisa memengaruhi cita rasa sate kambing.

“Selain itu saat membakar sate kambing, biar lebih empuk dan bumbunya meresap ke daging kambing, harus pakai jeruji besi. Kalau saya pakai jeruji sepeda, mas. Besinya saya pakai dari awal jualan, berarti sudah 18 tahun usianya.” Lanjut Topo.

sate klatak
Bumbu sate kambing yang kaya rempah (Eksani/IDZ Creators)

Benar saja, bakaran daging kambing dengan jeruji besi hasilkan cita rasa daging yang empuk dan matang sempurna. Karena besi bisa menghantarkan panas sampai ke dalam daging.

Karena kaya rempah, sate kambing buatan Topo gurih sedikit renyah. Sate ini disajikan dengan sambal kecap segar dan seporsi nasi. Mantap! 

sate klatak
Daging kambing muda yang belum diolah (Eksani/IDZ Creators)

Untuk menikmati sate kambing buatan Topo, kamu harus datang dari pagi, karena biasanya sate kambing klatak Topo sudah habis terjual sebelum jam makan siang.

Tenang saja, kalau kehabisan sate klatak, kamu bisa kok coba olahan daging kambing lainnya, seperti gulai, rica kambing, tongseng dan tengkleng yang enggak kalah lezat.

sate klatak
Proses pengolahan tongseng kambing (Eksani/IDZ Creators)

Semua menu serba kambing ini bisa kamu nikmati dengan membayar Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per porsinya.

Saat ini kedai sate kambing milik Topo. enggak cabang dimanapun, alias hanya di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

gulai kambing
Olahan gulai di kedai Sate Kambing Topo (Eksani/IDZ Creators)

Topo berharap, menu sate kambing miliknya bisa menjadi alternatif warga berburu kuliner serba kambing, di Klaten.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Eksani
Eksani

Eksani

Community Writer
JOIN US
JOIN US