The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Ragi Gizi, Produk Makanan Populer dalam Masakan Vegan
Ilustrasi ragi gizi/ nutritional yeast. (medicalnewstoday.com)
Food

Mengenal Ragi Gizi, Produk Makanan Populer dalam Masakan Vegan

Rabu, 04 November 2020 19:00 WIB 04 November 2020, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Ragi telah memainkan peran penting dalam makanan manusia selama ribuan tahun. Jamur ini merupakan bahan penting dalam pembuatan roti, bir, dan berbagai makanan lainnya. 

Tapi sudah pernahkah kamu mendengar istilah nutritional yeast? Produk yang dapat disebut ragi gizi atau ragi nutrisi ini biasanya dijual secara komersial sebagai produk makanan populer yang sering digunakan dalam masakan vegan. 

Ragi nutrisi adalah spesies ragi yang dikenal sebagai Saccharomyces cerevisiae, yaitu jenis ragi yang sama yang digunakan untuk memanggang roti dan membuat bir.

Ragi gizi dan kegunaannya dalam masakan.
Ragi gizi. (Flcikr/Jackie Sobon)

Namun untuk menghasilkan ragi nutrisi, sel Saccharomyces cerevisiae akan ditanam selama beberapa hari pada media yang kaya akan gula seperti molase.

Baca Juga: Kenali 'Seitan', Makanan Pengganti Daging Populer Vegan

Setelah itu ragi dinonaktifkan dengan panas, dipanen, dicuci, dikeringkan, dihancurkan dan dikemas untuk didistribusikan.

Seperti namanya, ragi gizi menjadi sumber penting dari beberapa vitamin B kompleks dan mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya. Terkadang ragi nutrisi juga diperkaya dengan vitamin B 12 .

Rasa kuat ragi gizi juga membuatnya populer sebagai pengganti keju terlebih oleh vegan. Ragi gizi umumnya tersedia dalam bentuk serpihan atau bubuk dengan rasa gurih, pedas, dan keju.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US