Begini Cara Kemenpar Majukan Kopi Nusantara di Tengah Pandemi Corona

- Senin, 20 April 2020 | 20:34 WIB
Ilustrasi biji kopi. (Kemenparekraf)
Ilustrasi biji kopi. (Kemenparekraf)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat kampanye #SatuDalamKopi bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Ini dilakukan untuk memajukan kopi Nusantara dan membantu menggerakkan roda ekonomi pelaku industri kopi di tengah apndemi virus corona (Covid-19).

Kampanye yang berlangsung pada 20-26 April ini melibatkan hampir 1.000 pelaku industri kopi dari berbagai wilayah di Indonesia.

Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan, dalam situasi seperti sekarang ini semua pihak diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang kondusif untuk mendukung industri lokal agar produk lokal dapat menjadi pemimpin di pasarnya sendiri.

"Banyak aspek yang harus kita perkuat untuk dapat memastikan produk-produk lokal bertahan dan berkompetisi di era sekarang ini, sekaligus untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Wishnutama dalam pernyataannya, Senin (20/4/2020).

Industri kopi di Indonesia naik pesat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi Indonesia menjadi salah satu dari empat negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Namun dengan adanya pandemi corona, menjadi tantangan tersendiri untuk para pelaku industri kopi.

"Kampanye #SatuDalamKopi ini diharapkan bisa membantu industri kopi lokal untuk mempromosikan produknya dan menjaga stabilitas penjualan maupun harga," kata Wishnutama.

-
Ilustrasi biji kopi. (Kemenparekraf)

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita? menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19, penting sekali agar seluruh pihak dapat menyatukan upaya, baik pemerintah, pelaku industri, perusahaan teknologi Indonesia, dan masyarakat.

Saat ini terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah di Indonesia.

"Kampanye #SatuDalamKopi merupakan contoh nyata bagaimana kita bersama dapat ambil bagian untuk mendorong pemasaran produk kopi lokal melalui kafe, warung kopi, dan masyarakat luas yang pada gilirannya akan berdampak pada geliat industri kopi di daerah dan seluruh rantai penawarannya sehingga kegiatan ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi," kata Agus Gumiwang.

Kampanye ini juga bekerja sama dengan Tokopedia yang akan memfasilitasi para pelaku industri kopi lokal untuk berjualan secara daring. Juga disediakan halaman khusus kampanye #SatuDalamKopi untuk menampung seluruh informasi yang mempermudah pengguna mendapatkan berbagai produk kopi lokal.

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya,? mengungkapkan, inisiatif bersama dengan pemerintah dan pelaku industri kopi lokal ini dapat mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga.

"Kami juga berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah,” katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Resep Tape Ketan Manis Anti Gagal

Kamis, 18 April 2024 | 08:15 WIB
X