The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Makanan yang Dijuluki Superfood karena Punya Segudang Manfaat
Ilustrasi makanan yang dijuluki superfood (photo/pixabay/congerdesign)
Food

10 Makanan yang Dijuluki Superfood karena Punya Segudang Manfaat

Jumat, 03 September 2021 11:50 WIB 03 September 2021, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Istilah superfood merupakan julukan pada makanan yang kaya akan nutrisi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mampu mengatasi penyakit kronis.

Superfood pada umumnya tinggi akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, para ahli gizi sangat menyarankan agar superfood disertakan dalam menu makanan sehari-hari untuk dikonsumsi secara rutin.

Daftar Makanan Superfood

Penasaran apa saja makanan yang ada di Indonesia yang dijuluki sebagai superfood?

Indozone telah merangkum dari berbagai sumber, list superfood Indonesia yang bagus untuk kesehatan tubuh karena punya segudang manfaat.

1. Telur


telur superfood
Ilustrasi telur (photo/pixabay/Peggychoucair)

Telur merupakan superfood yang padat nutrisi dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Pada telur terdapat kandungan protein, zinc (seng), senyawa antioksidan lutein dan zeaxanthin, fosfor, selenium, serta vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K.

Hal inilah yang membuat telur bermanfaat untuk memperkuat sistem imun, menurunkan kadar kolesterol jahat, melawan peradangan, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Jamur


jamur superfood list
Ilustrasi jamur (photo/pixabay/congerdesign)

Jamur secara umum rendah akan kalori, lemak, dan kolesterol, namun tinggi serat, protein, antioksidan selenium, vitamin B, kalium, fosfor, dan magnesium.

Berkat kandungannya yang berlimpah, jamur mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, serta menjaga kesehatan otot dan saraf.

Beberapa jenis jamur yang umum dikonsumsi yaitu jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram.

3. Alpukat


alpukat superfood
Ilustrasi alpukat (photo/pixabay/stevepb)

Alpukat mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti serat, lemak tak jenuh, zat besi, kalium, protein, asam folat, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan vitamin B6.

Mengonsumsi alpukat bermanfat untuk mengatasi sembelit, mencegah diabetes, mengurangi risiko kanker, memelihara kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.

Tak heran jika alpukat dinobatkan sebagai salah satu superfood yang baik dikonsumsi sehari-hari.

4. Brokoli


brokoli list superfood
Ilustrasi brokoli (photo/pixabay/ExplorerBob)

Sayuran hijau seperti brokoli juga mendapatkan gelar superfood karena manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Brokoli kaya akan serat, protein, kalium, kalsium, folat, fosfor, zinc, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Rajin mengonsumsi brokoli terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, melindungi jantung, mencegah kanker, hingga mengatasi jerawat.

5. Salmon


salmon makanan superfood
Ilustrasi salmon (photo/pixabay/congerdesign)

Salmon menjadi satu di antara sekian banyak jenis ikan yang mendapat julukan sebagai makanan superfood.

Karena salmon memiliki segudang manfaat antara lain dapat meningkatkan fungsi otak, mengatasi depresi, menjaga kesehatan tulang, dan menyehatkan jantung.

Hal ini karena salmon mengandung protein, asam lemak omega-3, kalium, selenium, vitamin B12, vitamin D, dan vitamin A.

6. Bawang Putih


bawang putih superfood lokal
Ilustrasi bawang putih (photo/pixabay/congerdesign)

Bawang putih diketahui mengandung senyawa allicin yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antikanker, antibakteri, dan antiradang.

Tak hanya itu, pada bawang putih juga terdapat zat besi, selenium, kalsium, kalium, mangan, fosfor, dan vitamin C.

Itulah sebabnya, bawang putih sering digunakan untuk mengatasi kondisi medis seperti flu, sakit gigi, tekanan darah tinggi, kolesterol, infeksi bakteri dan jamur sehingga disebut sebagai superfood lokal.

7. Jahe


superfood indonesia
Ilustrasi jahe (photo/pixabay/683440)

Bukan rahasia lagi jika jahe adalah jenis tanaman obat yang kaya akan manfaat, sehingga disebut sebagai superfood Indonesia.

Hal ini berkat kandungan gingerol pada jahe, yang mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti sakit perut, kembung, nyeri haid, mual dan muntah.

Jahe juga mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, magnesium, fosfor, zinc, folat, hingga vitamin B2.

8. Teh Hijau


teh hijau apa itu superfood
Ilustrasi teh hijau (photo/pixabay/appledeng)

Teh hijau sudah dikenal sejak dahulu kala sebagai minuman menyehatkan dan berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Hal ini karena teh hijau mengandung protein, kafein, kalium, antioksidan, dan senyawa katekin yang berperan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh.

Jika dikonsumsi rutin, teh hijau bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengurangi kadar gula darah, dan membakar lemak.

9. Yogurt


yoghurt superfood
Ilustrasi yoghurt (photo/pixabay/Profet77)

Yoghurt juga termasuk ke dalam superfood karena kaya akan kalsium, protein, dan probiotik yang mengandung bakteri baik.

Kandungan pada yoghurt berperan penting untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, memelihara sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Inilah yang membuat yoghurt sangat baik dikonsumsi sebagai menu sarapan, menu diet, camilan sehat, dan makanan untuk mempercepat pemulihan saat sakit.

10. Rumput laut


rumput laut superfood
Ilustrasi rumput laut (photo/pixabay/zuzyusa)

List superfood selanjutnya adalah rumput laut yang merupakan jenis sayuran laut sumber senyawa bioaktif unik.

Rumput laut rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti yodium, kalsium, kalium, folat, zat besi, dan kaya akan antioksidan.

Manfaat rumput laut bagi kesehatan dapat menstabilkan gula darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan usus, dan meningkatkan fungsi tiroid.


Nah, itulah rekomendasi makanan yang dijuluki superfood karena punya segudang manfaat. Yuk, perbanyak konsumsi makanan superfood!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US