5 Jenis Pisang Ini Cukup Populer di Indonesia Lho!
Ilustrasi pisang. (Pexels)
Food

5 Jenis Pisang Ini Cukup Populer di Indonesia Lho!

Minggu, 15 Maret 2020 07:34 WIB 15 Maret 2020, 07:34 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai negara tropis, mencari buah pisang di Indonesia bukan perkara yang sulit. Mulai dari pasar tradisional hingga supermarket modern dengan mudah kita menemukan buah pisang.

Di Nusantara ini, kita bisa menemukan pisang dengan berbagai jenis. Mulai dari bentuk, tekstur, hingga cita rasanya yang sangat beragam. Bahkan, cara pengolahannya juga turut berbeda dari setiap jenis pisang. Ada yang bisa langsung dimakan, ada juga perlu digoreng atau direbus terlebih dahulu.

Nah, berikut ini Indozone mengulas 5 jenis pisang yang sudah cukup populer di Indonesia. Apa saja? Berikut informasi selengkapnya.

1. Pisang raja

pisang
Instagram/liecuensiu

Pisang raja sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pisang raja sendiri memiliki ukuran daging yang lebih tebal dan rasanya yang manis. Makanya tidak heran jika pisang raja selalu diolah menjadi pisang goreng, nagasari, atau es pisang ijo. Selain itu, pisang raja semakin tidak asing karena kerap dijadikan bagian dari ada pernikahan masyarakat Jawa.

2. Pisang kepok

pisang
Instagram/yuli.pricilla

Pisang kepok memiliki bentuk yang sangat berbeda dari pisang-pisang lainnya. Ukurannya lebih pendek, lalu bentuknya pipih, dan dagingnya berwarna pucat. Pisang kepok biasanya selalu diolah dengan cara direbus, atau dibikin kolak.

3. Pisang ambon

pisang
Instagram/debbie_ariesthea

Pisang ambon mungkin menjadi jenis pisang yang paling sering ditemukan. Pisang ambon selalu diolah menjadi kue pisang atau dibikin smoothie. Pisang jenis ini sangat tidak cocok digoreng karena memiliki tekstur yang sangat lembek jika terkena panas.

4. Pisang tanduk

pisang tanduk
Instagram/pisanggorengtanduk_bangu

Selain pisang raja, pisang tanduk sangat cocok diolah menjadi pisang goreng. Pisang tanduk memiliki ukuran yang lebih panjang serta memiliki tekstur daging yang lebih kukuh. Selain itu, daging pisang tanduk lebih kuning dan selalu memiliki bercak hitam pada bagian kulitnya.

5. Pisang nangka

pisang
Instagram/madurazulkafli

Pisang nangka merupakan salah satu jenis pisang yang jarang dikonsumsi secara langsung. Tekstur daging pisang nangka cukup keras dan memiliki cita rasa yang agar sepet. Hal yang membuat pisang nangka menjadi unik adalah kulitnya yang tetap berwarna hijau meski sudah matang. Untuk pengolahan, biasanya pisang nangka selalu dibikin menjadi keripik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US