Meski Bahaya, Masak Daging Pakai Parasetamol Juga Tren di Negara Ini
Ilustrasi memasak daging. (Pexels)
Food

Meski Bahaya, Masak Daging Pakai Parasetamol Juga Tren di Negara Ini

Kamis, 23 Januari 2020 14:24 WIB 23 Januari 2020, 14:24 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini, viral cerita dari seorang warganet di Twitter mengenai cara memasak daging agar cepat empuk.

Cerita yang diunggah oleh akun base bernama FOODFESS2 itu menanyakan apakah ada yang punya pengalaman memasak daging dengan mencampurkan obat sakit kepala agar cepat empuk.

Unggahan itu tentu saja mendatang pro dan kontra dari warganet. Beberapa dari mereka mengaku punya pengalaman yang sama dan pernah melihat cara masak seperti itu.

Tak hanya di dalam negeri, ternyata cara masak daging dengan mencampurkan obat sakit kepala atau obat yang berisi kandungan parasetamol juga dilakukan di Afrika Barat sebagai 'bumbu' masakan.

Jadi, dengan menggunakan parasetamol, maka dapat memangkas biaya masak dari rumah tangga hingga restoran.

Padahal menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria (NAFDAC), parasetamol bukan bahan tambahan untuk pangan dan sangat berisiko bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi sebagai masakan.

"Saat digunakan untuk memasak, parasetamol akan dipecah (dihidrolisis) menjadi zat beracun. Zat ini pada akhirnya bisa merusak hati dan beberapa organ lain di dalam tubuh," tulis NAFDAC.

"Mengonsumsi makanan yang disiapkan dengan parasetamol secara ilegal bisa menimbulkan konsekuensi kesehatan serius mulai dari kerusakan hati, gagal ginjal, hingga kematian," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU