The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Supaya Seduhan Teh Lebih Nikmat, Coba Ikuti 4 Cara Berikut Ini
ilustrasi menyeduh teh (pixabay/falconp4)\
Food

Supaya Seduhan Teh Lebih Nikmat, Coba Ikuti 4 Cara Berikut Ini

Selasa, 21 Januari 2020 16:09 WIB 21 Januari 2020, 16:09 WIB

INDOZONE.ID - Menyantap segelas teh di pagi hari sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, yang tak suka dengan kopi. Selain memberikan efek hangat di badan, teh juga menjadi salah satu sumber energi yang berasal dari gula.

Biasanya, orang-orang akan menyantap teh ini ditemani dengan pisang goreng atau gorengan lainnya. Selain kenyang, hati pun jadi senang kalau pagi-pagi tubuh diberi camilan seperti ini. Namun, perlu diingat, mengonsumsi teh atau gorengan tak boleh dalam jumlah yang berlebih, karena bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Ketika menyeduh teh, baik itu teh daun atau teh kantong, biasanya orang-orang akan menuangkan air panas begitu saja ke dalam gelas. Namun, cara ini tentu saja akan membuat rasa teh terasa biasa saja.

Nah, biar seduhan teh lebih terasa nikmat dan berbeda dari biasanya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini ulasannya.

1. Kenali jenis teh

teh
ilustrasi jenis teh (pexels/NIKOLAY OSMACHK)

Langkah pertama agar teh terasa lebih nikmat ialah dengan mengenali jenis tehnya. Berbeda jenis teh, maka beda pula cara penyajiannya. Misalnya saja, teh hitam yang sebaiknya diseduh dengan air panas bersuhu 90 C dan dibiarkan selama 3-5 menit.

Jenis teh hijau yang sebaiknya diseduh dengan air bersuhu 75 C- 80 C, dan didiamkan selama 2-3 menit. Atau jenis teh oolong yang lebih nikmat jika diseduh dengan air panas bersuhu 87 C - 93 C, lalu didiamkan selama 3-5 menit.

2. Gunakan teh daun

teh
ilustrasi teh daun (pexels/NIKOLAY OSMACHK)

Untuk menikmati segelas teh, kita tak perlu lagi memetik daun teh dari tanaman camleia sinensis, karena kini sudah ada teh serbuk.

Meski terkesan lebih praktis, nyatanya penggunaan dauh teh lebih baik ketimbang teh serbuk atau teh kantong. Dengan begini, kita bisa merasakan aroma dan nikmatnya teh dari daun teh asli.

3. Perhatikan kualitas air

teh
ilustrasi air berkualitas untuk menyeduh teh (pixabay/dungthuyvunguyen)

Selain memperhatikan jenis daun teh, kamu juga harus perhatikan kualitas air untuk menyeduh teh. Ini karena air mengandung mineral dan aroma yang berbeda. Sebisa mungkin, jangan seduh teh memakai air keran dari PAM, karena mengandung kaporit dan zat lain.

Agar lebih aman, gunakanlah air minuman kemasan dengan kadar PH yang seimbang atau netral. Kamu juga bisa memakai air yang kaya akan oksigen.

4. Seduh teh dengan benar

teh
ilustrasi teh yang sedang diseduh (pexels/freestocks.org)

Daun teh, baik itu dalam bentuk daun atau bubuk, akan mengembang jika terkena air panas. Bahkan dauh teh ini bisa mengembang 5 kali lebih besar dari ukuran bubuknya. Itulah kenapa menyeduh teh harus dengan benar. Jika teh diseduh dengan air yang terlalu panas, atau waktu seduh lama, maka teh akan menimbulkan cita rasa pahit.

Meski teh memiliki aroma yang menyegarkan dan berkhasiat bagi kesehatan, namun perlu diingat bahwa teh tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Konsumsilah teh yang sudah disesuaikan dengan kemampuan lambung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US