Masakan Padang Untuk Vegan, Ada di Restoran Ini
ANTARA News/Nanien Yuniar
Food

Masakan Padang Untuk Vegan, Ada di Restoran Ini

Ananda Fakhreza Lubis
Jumat, 13 September 2019 16:24 WIB 13 September 2019, 16:24 WIB

INDOZONE.ID - Apa jadinya jika masakan Padang yang selama ini dikenal dengan lauk pauk berupa daging dengan bumbu rempah yang begitu khas, kemudian digantikan dengan lauk pauk yang berbahan sayuran?

Melansir Antara, Jumat (13/9), masakan Padang berbahan sayuran itu bisa kamu nikmati di sebuah restoran di Jakarta yang bernama Loka Padang yang menyajikan masakan Padang yang bisa dinikmati oleh para vegan.

Dalam wawancara kepada Antara, Project Leader restoran Loka Padang Brian M. Hardjono mengatakan bahwa nama 'Loka' sendiri berasal dari kalimat 'Loka Samasta Sukhino Bhavantu' yang memiliki arti 'Agar semua makhluk hidup di dunia berbahagia'. Nama itulah yang kemudian menjadikan restoran ini tidak memakai bahan masakan yang berasal dari hewan.

Restoran masakan padang untuk vegan
ANTARA News/Nanien Yuniar

Menurut Brian, kehadiran restoran Loka Padang dapat mendobrak anggapan bahwa makanan vegan dianggap mahal, eksklusif, dan bercita rasa hambar.

"Ternyata makan sayur juga enak kok," kata Brian.

Restoran yang berada di Sudirman Park ini dapat menjadi alternatif lain bagi para vegan yang ingin mencicipi kenikmatan masakan Padang yang selama ini mungkin tidak mungkin bisa terjadi.

Kata Brian, meski semuanya terbuat dari sayur, tapi bumbu-bumbu masakan yang digunakan kurang lebih sama seperti restoran Padang pada umumnya. Hanya saja, olahan daging diganti menjadi sayur.

Restoran masakan padang untuk vegan
ANTARA News/Nanien Yuniar

Adapun sayuran yang dipakai untuk menggantikan daging berupa kentang, jamur, tahu, dan tempe. Selain itu, pengunjung yang tidak memakan telur atau pun susu juga tidak perlu khawatir, karena tidak ada makanan yang berasal dari kedua bahan itu.

Menariknya, di restoran Loka Padang juga tersaji sate Padang yang rasanya sama persis dengan sate Padang pada umumnya. Jika sate pada biasanya berasal dari ayam atau daging merah, sate Padang di restoran ini terbuat dari potongan tahu dan jamur.

Selain itu, menu rendang juga tersedia yang bahannya berasal dari kentang dan jamur. Namun, rendang di restoran ini lebih mirip gulai kalio yang teksturnya masih lengket dan basah, bukan seperti rendah pada umumnya yang berwarna cokelat.

Restoran masakan padang untuk vegan
ANTARA News/Nanien Yuniar

Untuk minuman, Loka Padang menyediakan es timun, wedang secang, hingga teh tarik yang menggunakan bahan susu kedelai.

Untuk seporsi nasi Padang yang lengkap dengan lauk pauknya, pengunjung harus mengeluarkan kocek sebesar Rp40.000.

    TAG
    Editor Media
    TERKAIT DENGAN INI
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE