The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata, Chia Seed Bisa Bantu Kamu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi chia seed. (photo/Ilustrasi/Unsplash/Joanna Kosinska)
Fakta Dan Mitos

Ternyata, Chia Seed Bisa Bantu Kamu Turunkan Berat Badan

Senin, 25 Januari 2021 14:51 WIB 25 Januari 2021, 14:51 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini sudah terdapat beberapa pola diet baru yang sedang dilakukan oleh beberapa kalangan masyarakat. Salah satunya adalah melakukan pola diet dengan menggunakan Chia Seed. Bahkan, Chia Seed dipercayai dapat menurunkan berat badan dari seseorang, Lantas, apakah hal tersebut bersifat benar dan apakah chia seed tersebut?

Chia seed sendiri sangat kaya akan nutrisi. Dimana, Chia seed sendiri mengandung kandungan serat yang tinggi, asam lemak omega-3, karbohidrat, serta protein yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. 

Lantas, apakah benar chia seed dapat menurunkan berat badan? Dalam sebuah buku yang berjudul  "The Aztec Diet" mengatakan bahwa dengan mengonsumsi 4 sampai 8 sendok makan dari chia seed dapat mengurangi rasa lapar. Bahkan chia seed sendiri dapat membuat perut menjadi kenyang serta mampu memperlambat tubuh dalam memproses makanan yang telah dikonsumsi.

Akan tetapi, hasil dari sebuah penelitian yang berjudul "Journal of Alternative and Complementary Medicine" pada tahun 2012 mengatakan bahwa para wanita yang memiliki berat badan lebih tidak menunjukkan penurunan berat badan setelah mengonsumsi chia seed sebanyak 25 gram dalam jangka waktu 10 minggu. 

Namun, hasil dari penelitian sumber lain mengatakan bahwa chia seed dapat menurunkan berat badan pada seseorang yang menderita penyakit diabetes tingkat 2. 

Selanjutnya, chia seed diberikan kepada sekelompok orang. Dimana, terdapat satu kelompok yang mengonsumsi chia seed selama enam bulan dan diiringi dengan olahraga. Sedangkan, kelompok lainnya hanya mengonsumsi chia seed. 

Hasil yang didapatkan adalah bahwa sekelompok orang yang berolahraga dan mengonsumsi chia seed tersebut mengalami penurunan berat badan rata-rata sebesar 1,9 kg. Sedangkan, yang hanya mengonsumsi chia seed hanya mengalami penurunan berat badan sebesar 0,3 kg. 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penurunan berat badan pada tubuh dapat berhasil dengan mengonsumsi chia seed apabila diiringi dengan berolahraga.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US