The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Penjelasan Mengapa Telapak Tangan Basah ketika Stress!
Ilustrasi stress dan telapak tangan basah. (photo/Ilustrasi/Unsplash/Nathan Dumlao)
Fakta Dan Mitos

Ini Penjelasan Mengapa Telapak Tangan Basah ketika Stress!

Senin, 25 Januari 2021 11:02 WIB 25 Januari 2021, 11:02 WIB

INDOZONE.ID - Saat berdiri di depan banyak orang sewaktu presentasi atau pada saat sharing session, tiba-tiba anda akan merasakan basah pada telapak tangan anda. Mengapa, hal tersebut bisa terjadi? Menurut para peneliti, tangan berkeringat merupakan suatu respons normal dalam menanggapi situasi gugup atau stres.

Tujuan utama dari berkeringat adalah untuk mendinginkan suhu pada tubuh. Hal tersebut tidak diherankan karena tubuh tiba-tiba mengeluarkan keringat saat tubuh merasa panas akibat dari berolahraga. 

Selain itu, Darria Long Gillespie, salah seorang asisten professor klinis di University of Tennessee School of Medicine, mengatakan bahwa tubuh akan memicu respons berupa "fight or flight" ketika stress mulai menghampiri anda dan akan menyebabkan keluarnya keringat. 

Sedangkan, Marlyanne Pol-Rodriguez, salah seorang ahli dermatologi di Stanford Health Care, mengatakan bahwa keringat sendiri dapat dirangsang oleh sistem saraf simpatik. Dimana merupakan hal berupa tanggung jawab atas respons dari "fight or flight tersebut". Hal ini juga dapat mempunyai tujuan untuk berfungsi lebih efektid pada masa-masa yang sulit. 

Namun, mengapa keringat sendiri sering muncul di daerah telapak tangan pada saat dalam keadaan stres? Hal tersebut dikarenakan terdapat adanya lebih banyak kelenjar keringat pada tubuh jika dibandingkan dengan daerah lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US