The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Etika dan Takhayul Makan dengan Sumpit di Negara Jepang
Ilustrasi makan dengan sumpit. (Pexels/Buenosia Carol)
Fakta Dan Mitos

Etika dan Takhayul Makan dengan Sumpit di Negara Jepang

Sabtu, 28 November 2020 08:00 WIB 28 November 2020, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Jepang merupakan negara yang memiliki etika, tata krama dan takhayul yang dipandang penting di negara tersebut termasuk dalam hal makan.
 
Sumpit adalah salah satu alat makan terpenting di Jepang. Secara khusus ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan entah itu terkait dengan takhayul atau etika makan dengan sumpit yang dipercayai di Jepang. 

1. Jangan menancapkan sumpit di dalam semangkuk nasi. Menurut orang Jepang menanamkan sumpit secara vertikal di semangkuk nasi adalah hal yang buruk dan tabu.

Karena ini mengingatkan orang Jepang pada pemakaman, di mana semangkuk nasi ditinggalkan dengan dua sumpit berdiri tegak di tengah. 

Ilustrasi menempatkan sumpit di tengah semangkuk nasi.
Ilustrasi menempatkan sumpit di tengah semangkuk nasi. (deepjapan.org)

2. Jangan memberikan makanan dari satu sumpit ke sumpit yang lain. Saat ingin berbagi makanan memang terdengar praktis jika langsung memberikannya dari sumpit Anda dan diterima oleh sumpit teman Anda. 

Namun ini adalah praktik tabu saat makan sehingga akan lebih baik meletakkan makanan di atas piring agar teman Anda dapat mengambinya sendiri. 

3. Menyilangkan sumpit di atas mangkuk atau piring dianggap tidak sopan. Seseorang sebaiknya jangan menempatkan sumpit di atas mangkuk dalam bentuk bersilang atau X.

Menyilangkan sumpit di atas piring atau mangkuk.
Menyilangkan sumpit di atas piring atau mangkuk. (livejapan.com)

Baca Juga: Tulang Ikan Goreng, Makanan Ringan Populer dan Unik di Jepang

Sumpit yang disilangkan dikatakan mewakili kematian di Tiongkok dan Jepang juga mengadopsi hal tersebut sehingga menganggapnya tidak sopan. Lebih baik meletakkan sumpit dalam posisi sejajar apakah itu di tangan Anda atau diletakkan di bawah.

4. Jangan menggosok sumpit bersamaan. Menggosok sumpit kayu sekali pakai umumnya sering dilakukan untuk menghindari serpihan kayu.

Tapi di Jepang menggosok sumpit mungkin menyiratkan bahwa restoran tempat Anda makan tidak meyediakan sumpit berkualitas. Jadi saat jalan-jalan ke Jepang, sebaiknya hindari hal ini jika memungkinkan. 

Itu dia beberapa etika makan menggunakan sumpit di Jepang yang mungkin bisa kamu ikuti jika suatu hari nanti akan jalan-jalan ke negeri sakura.

Sebab terkadang ada banyak tradisi dan praktik yang mungkin tidak disadari oleh orang asing ketika mereka datang ke Jepang, dan akan lebih baik jika Anda mengetahui tradisi dan etika tersebut. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US