'Teror' Ular Kobra Resahkan Warga, Kenali Jenis-jenisnya
Ular Kobra (Pexels/Mark Broadhurst)
Fakta Dan Mitos

'Teror' Ular Kobra Resahkan Warga, Kenali Jenis-jenisnya

Dapat menyemburkan bisa dari jarak jauh.

Jumat, 13 Desember 2019 14:01 WIB 13 Desember 2019, 14:01 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa hari terakhit ini, teror ular kobra menghantui warga. Sebanyak 32 ekor ular kobra ditangkap warga perumahan Royal Citayam, kabupaten Bogor, Jawa Barat, di lingkungannya. Selain itu warga Perumahan Anggrek 2 Grand Depok City, Depok juga menemukan ular kobra di kawasan pemukiman.

Hingga saat ini, warga yang sudah pernah bertemu ular kobra masih was-was karena takut ular akan datang dan masuk lagi ke rumah mereka, mengingat ular kobra yang ditangkap sejauh ini masih anak kobra bukan induknya. Jadi kemungkinan besar akan ada lagi karena induknya belum ditemukan.

Berikut 5 jenis ular kobra yang paling berbisa di dunia:

1. Indian Cobra

Ular kobra yang satu ini memiliki reputasi yang terkenal ganas di India. Ular jenis ini dapat ditemukan di hutan lebat dan terbuka, medan berbatu, lahan basah, ladang tanaman, dan bahkan pemukiman manusia.

Indian Cobra
Indian Cobra (Pinterest)

Racun yang yang terkandung dalam gigitan ular kobra ini memiliki komponen neurotoksik dan sitotoksik. Jika tak ditangani secara baik, racun ular kobra itu dapat melumpuhkan otot dan memicu kematian.

2. Equatorial Spitting Cobra

Equatorial spitting cobra yang disebut pula ular sendok khatulistiwa atau ular sendok Sumatera, merupakan salah satu kobra yang paling berbisa di dunia.

Equatorial Spitting Cobra
Equatorial Spitting Cobra (Pinterest)

Hidup di ketinggan hingga sekitar 4.900 kaki, ular kobra jenis ini dapat kita jumpai di negara-negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei, Indonesia, dan Singapura. Bahkan, tak jarang, ular kobra ini tinggal dekat permukiman manusia.

Racun dari ular kobra ini ternyata mengandung racun neurotoksin, sitotoksin, dan cardiotoxins. Racun itu akan diludahkan atau disalurkan melalui gigitan jika ular kobra tersebut sedang terancam.

3. Cape Cobra

Alar kobra ini tinggal di berbagai habitat seperti, gurun dan daerah semi-gurun. Ular kobra ini dikategorikan sebagai ular endemik di Afrika bagian selatan.

Cape Cobra
Cape Cobra (Pinterest)

Bahkan di Afrika, ular kobra ini merupakan ular yang paling ditakuti. Racun ular kobra ini mengandung komponen neurotoksik dan sitotoksik dan gigitan dari ular ini akan menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani.

4. Monocled Cobra

Sama seperti jenis ular kobra sebelumnya, ular kobra jenis ini juga tersebar luas di Asia Tenggara dan Selatan.

Monoclead Cobra
Monocled Cobra (Pinterest)

Racun yang dihasilkan cobra monocle sangat beracun. Racunnya merupakan campuran kompleks neurotoksin, cardiotoxins, dan myotoxins. Racun itu akan dikeluarkan ular kobra jenis ini saat merasa terancam.

5. Chinese Cobra

Ular kobra ini hidup di Cina selatan yang ,endiami padang rumput, hutan bakau, hutan, dan semak belukar, ular kobra ini bisa sangat agresif dan menyerang jika merasa terancam.

Chinese Cobra
Chinese Cobra (Pinterest)

Racun yang terkandung dalam gigitannya adalah neurotoksin dan sitotoksin. ular kobra ini menyuntikkan racun yang cukup untuk menyebabkan kematian pada manusia dewasa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU