Peneliti Berhasil Menangkap Gambar Galaksi Spiral Tertua, Dinamai BRI 1335-0417!

- Minggu, 23 Mei 2021 | 11:22 WIB
Galaksi tertua BRI 1335-0417. (photo/ALMA/ESO/NAOJ/NRAO/T. Tsukui & S. Iguchi)

Ilmuwan telah menangkap gambar galaksi spiral tertua yang terbentuk 12,4 miliar tahun lalu. Galaksi yang secara resmi dengan nama BRI 1335-0417, berhasil diambil gambarnya oleh teleskop Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chili. Ini menunjukkan bahwa galaksi spiral terbentuk sendiri 1,4 miliar tahun lalu usai Big Bang.

Foto diambil sebagai bagian dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science yang ditinjau rekan sejawat pada Kamis. Melihat hal itu, Petugas Komunikasi untuk Badan Antariksa Eropa dan Peneliti Galaksi Jauh kepada Insider yaitu Dr. Kai Noeske beri komentarnya terhadap hal ini.

"Ini membuat kita kembali ke masa ketika kita tahu bahwa galaksi mulai terlihat seperti galaksi modern sekitar 1 miliar tahun," kata Dr. Kai Noeske.

Galaksi spiral sendiri adalah bentuk galaksi yang lebih dewasa. Pada fase awal pembentukan, materi gelap menyatukan gas panas dalam gumpalan kecil yang membentuk bintang. Ini bergabung bersama untuk membuat galaksi yang lebih besar, menggumpal dan tidak berbentuk.

"Hal yang menarik tentang ini, selain terlihat sangat cantik, adalah bahwa di lengan spiral ini, gas sedang dikompresi. Jadi mereka sebenarnya adalah katalisator untuk memicu pembentukan bintang baru," lanjutnya.

"Anda tidak bisa membentuk bintang dan atau planet di suatu tempat di luar angkasa," kata Noeske.

"Tanpa galaksi, tidak akan ada manusia. Itu bagian dari cerita kita."  jelasnya.

"Mengejutkan bahwa hasil kami menunjukkan bahwa BRI 1335-0417 sudah memiliki struktur (struktur kompak seperti tonjolan, cakram, spiral) yang mirip dengan galaksi terdekat, jauh sebelum fase aktif pembentukan galaksi," Takafumi Tsukui, mahasiswa pascasarjana di SOKENDAI Universitas di Jepang dan penulis utama studi Sains, memberi tahu Insider melalui email.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator