The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mirip Kanjuruhan, 183 Anak Tewas Terinjak-injak dalam Tragedi Victoria Hall di Inggris
Ilustrasi tragedi Victoria Hall Stampede. (Mystery of Universe)
Fakta Dan Mitos

Mirip Kanjuruhan, 183 Anak Tewas Terinjak-injak dalam Tragedi Victoria Hall di Inggris

Tragedi mengenaskan..

Kamis, 13 Oktober 2022 00:33 WIB 13 Oktober 2022, 00:33 WIB

INDOZONE.ID - Tragedi Kanjuruhan memang menjadi tragedi mematikan dalam ajang sepak bola, namun tragedi ini bukanlah hal yang pertama bagi dunia pertunjukan. 

Pasalnya, dahulu terdapat tragedi Victoria Hall Stampede yang memakan korban 183 anak yang meninggal karena terinjak-injak dalam pertunjukan tersebut. 

Baca Juga: Jokowi Pastikan Indonesia Tidak Disanksi FIFA Terkait Tragedi Kanjuruhan

Dikutip dari Mystery of Universe, tragedi Victoria Hall Stampede di Inggris menjadi tragedi yang mematikan lantaran hal yang sepele yakni mengejar hadiah yang dijanjikan pada acara pertunjukan tersebut. 

insiden mematikan
Ilustrasi lokais Victoria Hall Stampede. (Mysteryofuniverse)

Pertunjukan di Victoria Hall pada tahun 1883 berhasil menarik simpatik hampir 2.000 anak di seluruh Inggris. Mereka semua ingin melihat bagaimana acara sulap, ilusionis yang melibatkan hantu dan juga hal lainnya. 

Menjanjikan hadiah pada anak-anak

Namun, pihak penyelenggara melakukan kesalahan dengan menjanjikan anak-anak tersebut sebuah hadiah yang mengharuskan anak-anak harus ke lantai dasar. 

Saat pertunjukan selesai, pihak penyelenggara mulai khawatir lantaran lantai dasar akan dipenuhi dengan desakan 2.000 anak yang tentunya menimbulkan masalah. 

Akhirnya para penyelenggara mengambil solusi dengan hadiah dilemparkan dari panggung kepada para penonton. Hal ini pun membuat anak-anak ingin segera mendapatkan hadiah mereka dengan menangkap hadiah tersebut. 

Hadiah memakan korban

Lantaran anak-anak yang lain sudah mendapat hadiah, anak-anak yang belum mendapat hadiah pun menjadi resah dan takut tak kebagian hadiah tersebut. 

Akhirnya mereka berdesakan untuk turun ke lantai dasar demi mendapatkan hadiah tersebut. Alhasil, desak-desakan pun terjadi yang mengakibatkan 1.100 anak-anak harus melewati tangga ke lantai dasar. 

tragedi mematikan
Ilustrasi korban meninggal sebanyak 183 anak di tragedi Victoria Hall Stampede. (Mystery of Universe)

Saat menuruni tangga, panitia penyelenggara menemukan jalan pintas selebar 50cm untuk anak-anak melewatinya. Namun, keputusan itu membuat seorang anak-anak terjepit dan kemudian menjadi sumber masalah. 

Anak-anak yang dibelakang tidak tahu bahwa ada yang terjepit sehingga membuat mereka mendorong anak lainnya ke depan dan terjadilah insiden naas yakni anak-anak kehabisan oksigen dan terperangkap di pintu jalan pintas tersebut. 

Akibat tragedi Victoria Hall Stampede

Akibat tragedi tersebut, 183 anak dinyatakan meninggal dunia akibat kekurangan oksigen dan terperangkap di ruangan yang sempit tersebut. Semua anak yang meninggal dikarenakan oleh penyakit asfiksia. 

Baca Juga: Pesan Moral dalam Mural untuk Tragedi Kanjuruhan: Cukup Sekali, Jangan Terulang Lagi!


Beberapa keluarga kehilangan semua anak mereka, sementara seluruh kelas Alkitab di Sekolah Minggu setempat kehilangan semua 30 siswanya selama tragedi itu.

Artikel Menarik Lainnya: 

TGIPF Sebut Penggunaan Gas Air Mata Kedaluwarsa Bentuk Penyimpangan dan Pelanggaran

Yel-Yel Arema Malang Jadi Sorotan, Seakan Ucapan Jadi Kenyataan di Kanjuruhan

Ratusan Tahun Sebelum Tragedi Maut Aremania, Kanjuruhan Aman di Bawah Kuasa Gajayana

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli
Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US