The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Tampilan Ketika Raja Ular California Terinfeksi Jamur!
Lampropeltis Californiae atau raja ular california. (photo/Dok. Live Science)
Fakta Dan Mitos

Ini Tampilan Ketika Raja Ular California Terinfeksi Jamur!

Selasa, 26 Januari 2021 11:29 WIB 26 Januari 2021, 11:29 WIB

INDOZONE.ID - Lampropeltis Californiae adalah jenis ular yang berasal dari daerah California. Ular ini juga dapat dikategorikan menjadi raja ular. Namun, terdapat tampilan yang aneh serta mengerikan dari ular tersebut. 

Tampilan aneh berupa kulit dari ular menjadi berkerak, memiliki mata yang berkabut, serta wajah yang bengkak. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit jamur yang dideritanya. Alhasil, penyakit tersebut membuat raja ular ini mempunyai tampang mirip dengan mumi.

Penyakit jamur pada ular atau dikenal dengan sebutan Snake Fungal Diseases (SFD) adalah merupakan kasus pertama yang terjadi di daerah California. Kasus ini pertama kali ditemukan oleh warga sipil yang berada pada daerah Sierra Nevada, Amador Country. 

Penyakit jamur pada ular pertama kali diidentifikasi pada tahun 2008. Menurut CDFW, penyakit tersebut disebabkan oleh jamur Ophidiomyces ophiodiicola. Sejak hal tersebut, para ahli telah menemukan 30 spesies ular yang terinfeksi dengan SDF di daerah Amerika Serikat dan Eropa. 

Penularan SDF sendiri dapat terjadi dengan kontak fisik. Dimana, jamur tersebut akan menular ke tubuh ular lain jika melakukan kontak fisik. Infeksi dari SDF sendiri akan menyebabkan kulit ular menjadi bergelombang serta dapat menyebabkan pergantian kulit hingga berkali-kali.

Namun, penyakit ini tidak dapat menyerang manusia. Bila ular yang telah terinfeksi SDF, maka cenderung memiliki daya tahun tubuh yang lemah sehingga diincar oleh predator lainnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US