The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Eulophia Lagaligo, Tanaman Spesies Anggrek yang Ditemukan LIPI
Eulophia Lagaligo. (photo/Dok. LIPI)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Eulophia Lagaligo, Tanaman Spesies Anggrek yang Ditemukan LIPI

Minggu, 24 Januari 2021 11:53 WIB 24 Januari 2021, 11:53 WIB

INDOZONE.ID - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menemukan satu speies baru dalam kelompok anggrek yaitu Eulophia lagaligo. Bersama dengan spesies anggrek Dendrobium nagataksaka yang ditemukan di daerah Papua, anggrek dengan spesies Eulophia lagaligo juga telah diidentifikasi dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah berbasis internasional Phytotaxa pada bulan September 2019 lalu. 

Para peneliti pada Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, mengatakan bahwa spesies ini sebenarnya sudah pernah ditemukan sebelumnya oleh ahli taksonom C.L. Blume pada tahun 1859 silam berdasarkan spesimen dari pulau Timor dan diberikan nama Eulophia bicolor.

Akan tetapi, belakangan ini diketahui bahwa nama spesies tersebut menjadi tidak diterima karena telah digunakan sebelumnya oleh ahli taksonom N.A Danzell pada tahun 1851 silam untuk spesies yang berbeda.

Namun, pada tahun 2008 silam, Destario bersama dengan tim Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodardi LIPI sempat menemukan spesimen anggrek dari genus Eulophia di daerah Sulawesi Selatan. Setelah dilakukan studi panjang yang mendalam, ditemukan bahwa spesies dari Eulophia bicolor berbeda dengan spesies Eulophia nuda. 

Namun, spesies dari Eulpohia bicolor sudah pernah dipakai, maka temuan spesies baru ini dinamakan Eulophia lagalido. Dimana, nama Lagaligo sendiri dinamai berasal dari sebuah karya sastra warisan dunia yang dibuat sekitar abad ke-14 dan berasal dari daerah Sulawesi Selatan. 

Eulophia lagaligo sendiri memiliki perbungaan tegak dengan 5-14 kuntum bunga yang mekar hampir serentak. Dikabarkan, bunganya yang memiliki warna kehijauan yang memiliki lebar 2,2 sampai dengan 2,8 cm yang memiliki perhiasan bunga tidaklah membuka secara penuh. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US