The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi Ini Ungkapkan Kenapa Kucing Tidak Seloyal Anjing!
Kucing. (photo/Pexels/Kelvin Valerio)
Fakta Dan Mitos

Studi Ini Ungkapkan Kenapa Kucing Tidak Seloyal Anjing!

Kamis, 04 Maret 2021 16:24 WIB 04 Maret 2021, 16:24 WIB

INDOZONE.ID - Selain anjing, kucing menjadi salah satu hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan. Dalam dunia kucing, terdapat ungkapkan berkata bahwa kamu harus menjaga teman manusia kamu tetap dekat dan musuh manusia kamu sedekat mungkin. Itu menjadi kesimpulan dari studi baru yang menujukkan kucing tidak seperti anjing, akan dengan senang hati menerima makanan dari orang-orang yang tidak baik pada pemiliknya. 

Hal ini diungkapka pada penelitian studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Anima Behaviour and Cognition pada Februari. Untuk penelitian itu, sekelompok peneliti Universitas Kyoto, Jepang menguji kesetiaan dari kucing domestik dengan mengadaptasi teknik yang sebelumnya dipakai pada anjing. Eksperimen itu melibatkan sebuah wadah, dan 36 ekor kucing (13 kucing rumahan dan 23 tinggal di kafe kucing dan pemiliknya).

Peneliti pun membentuk 2 kelompok, pembantu dan non pembantu. Dimana, kucing-kucing itu menyaksikan pemiliknya mencoba dengan sia-sia untuk membuka wadah dan mengeluarkan sebuah benda. Dalam helper group, orang kedua, seroang aktor, membantu pemilik membuka wadah. Di group non-helper, aktor itu menolak untuk bantu dan berbalik, menjadikan mereka musuh. Sebagai titik perbandingan, orang ketiga hanya akan duduk di sana selama kedua kondisi, tidak membantu atau menolak atau membantu. 

Setelah adanya 4 percobaan, kesimpulannya adalah kucing-kucing itu tidak peduli dari siapa mereka mengambil makanan. Sebelumnya, para peneliti menunjukkan anjing yang menjalani eksperimen yang sama dengan menghindari orang yang menolak membantu pemiliknya. Melihat hal itu, para penulis memberikan komentarnya. 

"Bisa dibayangkan bahwa kucing dalam penelitian ini tidak memahami arti atau tujuan dari perilaku pemiliknya," ungkap penulis penelitian itu. 

"Tetapi bahkan jika mereka benar-benar memahami tujuan atau niat pemilik, mereka mungkin gagal mendeteksi niat negatif dari aktor yang tidak membantu." lanjutnya. 

Dengan kata lain, mereka mungkin tidak menyadari bahwa orang lain tidak membantu pemiliknya membuka wadah. 

"Kami menganggap bahwa kucing mungkin tidak memiliki kemampuan evaluasi sosial yang sama dengan anjing, setidaknya dalam situasi ini, karena tidak seperti anjing, mereka tidak dipilih untuk bekerja sama dengan manusia," tulis para penulis dalam penelitian tersebut.

Salah seorang peneliti proyek Jenis Kecerdasan di Universitas Cambridge, Ali Boyule mengatakan kucing bukan 'manusia kecil berbulu', tetapi 'makhluk dengan cara berpikir mereka sendiri yang khas'. Kemungkinan kucing tidak paham akan hubungan sosial kita sebanyak anjing, karena anjing telah dijinakkan lebih awal. 

"Sekitar dua pertiga subjek kami berasal dari kafe kucing, yang membuat kami berhati-hati dalam menggeneralisasikan hasil penelitian ini untuk semua kucing domestik," tulis para penulis. 

Meski demikian, kucing rumahan dan kucing kafe tidak menunjukkan perbedaan perilaku, mereka dapat memiliki ikatan yang berbeda dengan pemilik. Jadi, gimana guys menurut kamu tentang penelitian yang satu ini? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US