Deretan Batu Permata yang Tercatat Memiliki Harga Fantastis di Dunia
Ilustrasi batu permata. (Christies)
Fakta Dan Mitos

Deretan Batu Permata yang Tercatat Memiliki Harga Fantastis di Dunia

Ada makna tersendiri.

Senin, 17 Februari 2020 18:15 WIB 17 Februari 2020, 18:15 WIB

INDOZONE.ID - Sepanjang sejarah peradaban manusia, batu permata sudah sejak lama dijadikan objek yang diminati oleh banyak orang khususnya kaum hawa. Alasannya beragam, bukan hanya batu permata terlihat indah jika digunakan sebagai perhiasan, tak jarang batu permata dipercayai dapat menjaga kesehatan dan untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan sebagian orang percaya bahwa beberapa batu memiliki unsur mistis.

Meskipun dipengaruhi berbagai faktor seperti ukuran, tingkat kemurnian, ataupun warna, yang menjadi faktor penentu utama sebuah batu permata dinilai berharga adalah dari tingkat kelangkaannya. Semakin langka batu tersebut di dunia, maka biasanya semakin mahal pula harganya.

Berikut adalah daftar batu permata yang pernah tercatat sebagai batu permata paling berharga di dunia.

1. Jadeite

jadeite
Ilustrasi jadeite. (FORBES)

Batu permata ini merupakan jenis batu giok dengan kualitas terbaik. Batu yang erat kaitannya dengan Tiongkok ini, pada tahun 2014 lalu sempat dilelang dengan harga yang fantastis. Kalung yang terbuat dari rangkaian jadeite kualitas terbaik sebanyak 27 buah yang bernama "Hutton-Mdivani Necklace" ini berhasil dilelang dengan harga US$27 juta setara dengan Rp369 miliar.

blue diamond
Cincin dengan blue diamond (catawiki)

2. Blue Diamond

Salah satu batu permata legendaris yang pasti menjadi incaran prioritas para kolektor ini sudah pasti memiliki harga yang fantastis. Pada tahun 2016, blue diamond dengan nama "The Oppenheimer Blue" seberat 14,62 karat berhasil memecahkan rekor sebagai diamond paling mahal yang berhasil dilelang. Blue diamond ini dihargai senilai US$57,5 juta atau setara dengan Rp786 miliar.

ruby
Ilustrasi ruby. (EXPRESS)

3. Ruby

Permata yang dijuluki sebagai raja dari segala jenis permata ini sering dianggap sebagai batu yang melambangkan semangat kehidupan. Sebab warnanya yang kebanyakan merah menyala ini telah dipercayai sejak dahulu kala menyerupai warna darah. Pada tahun 2015, 26 karat "The Sunrise Ruby" berhasil dilelang dengan nilai mencapai US$30 juta atau setara dengan Rp410 miliar.

emerald
Kalung dengan batu emerald (Amazon.com)

4. Emerald

Batu permata yang terkenal dengan warna hijaunya yang eksotis ini hanya dapat ditemukan di negara Brazil, Colombia, Zambia, dan Zimbabwe. Lelang termahal yang pernah tercatat atas emerald terjadi saat pelelangan 18,04 karat "Rockefeller Emerald" yang terjual seharga US$5,5 juta atau setara dengan Rp75 miliar.

Pink Diamond
Pink Diamond (Forbes)

5. Pink Diamond

Permata ini dikenal sebagai jenis diamond terlangka jika dibandingkan dengan warna lainnya. Diketahui bahwa jumlah pink diamond yang ada saat ini hanya berjumlah kurang dari 0,1% dari total keseluruhan jenis diamond yang ada di dunia. Pada 2017, pelelangan termahal atas pink diamond terjadi di Hong Kong. "Pink Star" yang memiliki kualitas 59,60 karat tersebut dilelang dengan harga US$71,2 juta atau setara dengan Rp970 miliar. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US