The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kenali Penyebab Ketombe Membandel agar Tak Merusak Harimu
Ilustrasi rambut berketombe. (MEDICALNEWSTODAY)
Beauty

Kenali Penyebab Ketombe Membandel agar Tak Merusak Harimu

Bye-bye ketombe.

Jumat, 14 Februari 2020 17:45 WIB 14 Februari 2020, 17:45 WIB

INDOZONE.ID - Masalah rambut yang satu ini pasti pernah dialami oleh sebagian besar orang. Ketombe, menjadi salah satu masalah yang serius jika tak ditangani dengan benar. Ketombe menyebabkanmu memiliki serpihan putih layaknya ‘salju’ di rambut dan terkadang jatuh ke pundak atau bajumu. 

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya ketombe pada rambut. Apa sajakah? Yuk simak di bawah ini!

Faktor yang pertama adalah menggunakan produk sampo yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala. Penggunaan sampo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala dapat menyebabkan terjadinya iritasi, gatal-gatal bahkan bersisik. Kalau kamu merasakan hal negatif tersebut, segera konsultasikan pada dokter dan mintalah saran tentang jenis produk sampo apa yang cocok untukmu.

rambut ketombe
Ilustrasi rambut yang berketombe. (HEALTHLINE)

Tampaknya stres juga dapat menjadi penyebab ketombe muncul di kulit kepalamu. Pada kondisi psoriasis (peradangan di kulit), stres dapat menjadi pemicu utamanya. Oleh karenanya tak jarang bila kamu sedang dilanda stres, ketombe akan tiba-tiba muncul tanpa kamu sadari.

Selain itu, kulit kepala kering juga dapat menimbulkan munculnya ketombe karena kulit kepala yang kering akan mudah menghasilkan rasa gatal dan kulit kepala menjadi mudah mengelupas. Maka kondisi inilah yang biasanya menyebabkan timbulnya ketombe di kulit kepala sebagian orang.

Kalau kamu termasuk seseorang yang selalu keramas setiap hari, sebaiknya hentikanlah kebiasaan tersebut. Sebab terlalu sering keramas menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe, iritasi kulit hingga kulit kepala menjadi kering. Keramaslah maksimal tiga kali dalam seminggu dan usahakan untuk memilih produk shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepalamu.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US