The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mitos atau Fakta: Sederet Larangan Ini Masih Terus Membayangi Perempuan
Ilustrasi wanita duduk di depan pintu dan masak keasinan. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Mitos atau Fakta: Sederet Larangan Ini Masih Terus Membayangi Perempuan

Selasa, 18 Januari 2022 18:16 WIB 18 Januari 2022, 18:16 WIB

INDOZONE.ID - Negara Indonesia memiliki beragam suku bangsa, budaya, hingga adat istiadat. Budaya yang ada sejak zaman dahulu masih kental dan turun temurun sampai saat ini. Tak sedikit orang yang terus mempercayai mitos-mitos, khususnya masyarakat yang tinggal di desa. 

Sederet mitos ini seringkali tak masuk logika atau diluar nalar. Mau percaya atau tidak, jangan sampai mitos yang akan dibahas nanti justru menyusahkan kehidupan kamu ya, terutama kaum perempuan. Apa saja sih mitos-mitos yang disebutkan ini, yuk simak!

1. Duduk di depan pintu bakalan susah dapat jodoh

duduk di depan pintu
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Kamu pernah dilarang duduk di depan pintu gak? Larangan ini sudah ada sejak dahulu secara turun temurun bahkan dikaitkan dengan kesulitan untuk mendapatkan jodoh dan rezeki. 

Secara logika, hubungan antara duduk di depan pintu dengan susah dapat jodoh cukup sulit dipastikan memiliki pengaruh. Meski begitu, ada nilai yang bisa diambil karena duduk di depan pintu dianggap sikap kurang sopan. Hal ini karena dapat menghalangi orang yang keluar masuk dari pintu tersebut.

2. Masak keasinan tandanya ingin menikah

wanita yang masak keasinan
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Konon katanya seorang wanita yang masak keasinan adalah hal protes sang anak yang belum diizinkan orang tua untuk menikah. Padahal mungkin saja, sang anak tersebut baru saja belajar memasak, tidak tahu membedakan antara garam dengan gula, suka asin atau memang ingin merasakan asinnya kehidupan.

Baca juga: Momen Meteorit Jatuh di Danau Tagish Kanada 18 Januari 2000, Ada Suara Ledakan Kuat

3. Menyapu dan cuci piring tidak bersih akan dapat jodoh brewokan

menyapu
(Photo/Ilustrasi/Pixabay)

Masih banyak orang tua yang percaya bahwa anak perempuan yang mencuci piring atau menyapu yang tidak bersih atau tanggung-tanggung akan mendapatkan jodoh brewokan. Orang-orang terdahulu percaya orang yang brewokan adalah orang yang malas membersihkan dirinya. 

Nyatanya, saat ini pria yang brewokan menjadi style, gaya untuk menunjukkan jati dirinya. Sama halnya para aktor ataupun musisi yang memilih untuk brewok, seperti Keanu Reeves, Zayn Malik, Chris Evan, dan lainnya.

4. Makan dari wajan, ketika menikah wajahnya akan kelihatan hitam

makan dari wajan
(Photo/Shondaland)

Satu mitos yang masih ramai di masyarakat Indonesia adalah larangan makan dari wajah secara langsung. Hal ini dianggap sebagai cara yang tidak sopan ketika makan secara bersamaan dengan keluarga.

Bahkan, larangan yang dianggap kurang etis itu jika dilakukan akan memberikan dampak wajah menjadi hitam ketika sudah menikah. Mitos ini tidak diketahui benar atau tidak, namun larangan yang dipakai untuk membuat seseorang lebih sopan saat makan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US