The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Jumlah Minimal Banyaknya Manusia agar Bisa Menetap di Mars!
Ilustrasi Rover dan permukaan Mars. (photo/Ilustrasi/Pexels/Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Berikut Jumlah Minimal Banyaknya Manusia agar Bisa Menetap di Mars!

Berikut penjelasannya!

Jumat, 08 Januari 2021 14:34 WIB 08 Januari 2021, 14:34 WIB

INDOZONE.ID - Hingga sekarang, para peneliti tengah bersaing untuk mengantarkan manusia untuk menetap di planet Mars, dikarenakan kondisi dari Bumi yang semakin lama semakin memburuk. Melihat hal itu, masih banyak orang yang bingung, dibutuhkan berapa banyak orang sih agar bisa bertahan hidup di Mars?

Menurut model matematika terbaru, jumlah minimalnya adalah 110 individu. Mengutip IFL Science, salah seorang profesor dari Bordeaux Institut National Polytechnique (INP), yaitu Jean-Marc Salotti mengambil asumsi dan skenario mengenai kemungkinan menetap di planet lain, jika dilihat dari tingkat kuantitatif. 

Untuk melakukan hal itu, Salotti pertama-tama memulainya dengan pernyataan sederhana: bahwa untuk bertahan hidup, waktu untuk memenuhi kehidupan sehari-hari harus kurang dari kapasitas kerja masing-masing individu. 

Selain itu, Salotti juga mengidentifikasi lima area kunci yang harus difokuskan manusia dalam kehidupan, yaitu manajemen ekosistem, produksi energi, industri, bangunan, hingga aktivitas sosial. 

"Jika setiap pemukim di Mars benar-benar terisolasi dan tidak ada pembagian yang memungkinkan, nantinya setiap individu harus melakukan semua kegiatan," ungkap Jean-Marc Salotti dalam studi yang diterbitkan dalam Scientific Reports.

“Dengan lebih banyak orang, memungkinkan aktivitas menjadi lebih efisien melalui spesialisasi dan untuk mengimplementasikan industri lain,” lanjutnya. 

Menggabungkan 'faktor berbagi pekerjaan' dengan rencana bertahan hidup di Mars yang sebelumnya dirumuskan pada kontes Mars Society, Salotti dapat menghitung jumlah minimum orang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan hidup di Mars adalah 110 individu. Namun, ini bukanlah ilmu pasti, melainkan penilaian kuantitatif pertama. 

“Metode kami memungkinkan perbandingan simpel, membuka perdebatan mengenai strategi bertahan hidup dan tempat terbaik agar bisa sukses hidup di Mars,” tutup Jean-Marc Salotti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US