The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata  Ibu Negara Fatmawati "Anak Jaksel", Kondisi Rumahnya Nyaris Terbengkalai
Rumah Fatmawati nyaris terbengkalai (Jafriyal/Z Creators)
Fakta Dan Mitos

Ternyata Ibu Negara Fatmawati "Anak Jaksel", Kondisi Rumahnya Nyaris Terbengkalai

Rabu, 10 Agustus 2022 21:38 WIB 10 Agustus 2022, 21:38 WIB

INDOZONE.ID - Fatmawati adalah Ibu Negara Indonesia yang pertama. Peran penting Fatmawati mendampingi Soekarno saat memperjuangkan kemerdekaan sangat lah besar. Salah satu wujud perjuangan Fatmawati adalah menjahit bendera pusaka Indonesia yang dikibarkan saat pembacaan Proklamasi Kemerdekaan.

Kisah cinta Fatmawati dan ‘Bung Besar’ hampir seperti FTV. Saat diasingkan pemerintah kolonial ke Bengkulu, suatu hari Bung Karno mengajar di kelas Fatmawati yang saat itu masih berumur 15 tahun. Setelah pertemuan itu benih-benih rasa suka mulai tumbuh di kedua hati mereka.

rumah fatmawati
Rumah Fatmawati enggak dijaga ketat (Jafriyal/Z Creators)

Orang tua Fatmawati yang merupakan tokoh Muhammadiyah Bengkulu pun merestui hubungan mereka. Meski sempat terganjal status ‘Bung Besar’ yang masih menikah dengan Inggit Ganarsih. Singkat cerita pernikahan Bung Karno dan Fatmawati berjalan dengan indah dan melahirkan lima buah hati.

Masa Indah itu mulai sirna saat ‘Putera Sang Fajar’ jatuh cinta dengan wanita lain bernama Hartini. Ia pun meminta izin ke Fatmawati untuk menikah lagi namun berujung penolakan dan angkat kaki dari istana.

"Ibu lalu tinggal di rumah ini bersama Guruh yang baru lahir. Namun Fatmawati enggak diceraikan Bung Karno meski mereka sudah tidak akur," ujar penelusur sejarah asal komunitas Ngopi Jakarta, Achmad Sofiyan.

Rumah besar yang berlokasi di Jalan Sriwijaya Raya, Jakarta Selatan tersebut menjadi saksi bisu sisa hidup Fatmawati setelah minggat dari istana meninggalkan Bung Karno.

rumah fatmawati
Rumah Fatmawati kini diurus oleh Guruh, anak Fatmawati dan Soekarno (Jafriyal/Z Creators)

Rumah klasik bernuansa putih ini sekarang diurus oleh Guruh anak terakhir mereka. Di sini juga ada studio Swara Gembira milik Guruh. Enggak ada pengamanan spesial di rumah ini. Malah cenderung terbengkalai. 

Tim Z Creators, Jafriyal dan Achmad Sofiyan dari komunitas Ngopi Jakarta coba meminta izin ke penjaga untuk melihat ruang dalam rumah ini namun ditolak.

rumah fatmawati
Rumah Fatmawati belum menjadi cagar budaya (Jafriyal/Z Creators)

Statusnya pun belum menjadi cagar budaya hingga sekarang. Enggak seperti rumah Fatmawati di Bengkulu yang dijadikan objek wisata. 

Di rumah yang sama, Bung Karno menikahkan Rachmawati. Dengan penjagaan super ketat dari tentara orde baru.

"Sejak pindah ke sini dan terjadi serangan G30S kehidupan Bung Karno dan keluarganya semakin sulit. Bu Fat pun pernah meminta ayah saya pindah kerja ke rumah lain karena tidak mampu membayar tenaga yang ayah saya keluarkan untuk mengurus rumah ini," ujar penelusur sejarah asal komunitas Ngopi Jakarta, Reyhan Biadillah.

Fatmawati meninggal usia 57 tahun pada 1980 silam di Kuala Lumpur setelah pulang umrah. Ia terkena serangan jantung. 

Fatmawati pun dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional pada 2000 lalu melalui SK Presiden No. 118/TK/2000. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Jafriyal
Jafriyal

Jafriyal

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US