The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta dan Mitos: Apakah Hyena Benar-benar Bisa Tertawa?
Ilustrasi hyena. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Fakta dan Mitos: Apakah Hyena Benar-benar Bisa Tertawa?

Rabu, 23 Februari 2022 21:23 WIB 23 Februari 2022, 21:23 WIB

INDOZONE.ID - Hyena tutul (Crocuta crocuta) adalah pemulung dan pembunuh yang kejam, merampok toko makanan, mencuri ternak, memakan limbah, dan kadang-kadang bahkan bisa membunuh manusia.

Meskipun perilaku ini telah membuat hyena tutul memiliki reputasi, itu mungkin lebih dikenal karena suara kesemutan yang dihasilkannya, di antaranya cekikikan yang terdengar sangat mirip dengan tawa manusia.

Meski demikian, apakah benar hyena bisa tertawa? Hyena tutul menghasilkan beberapa vokalisasi yang berbeda, yang masing-masing memiliki arti yang berbeda bagi pendengarnya.

Vokalisasi "tertawa" yang mereka ketahui adalah serangkaian suara pendek seperti cekikikan bernada tinggi.

Baca juga: Revolusi Februari, Bukti Kegagalan dan Kepayahan Tsar Nicholas II dalam Memimpin Rusia!

Suara-suara ini, alih-alih dikaitkan dengan hyena yang sedang bersenang-senang, umumnya dibuat saat mereka terancam atau diserang.

Seekor hyena juga bisa mengeluarkan suara seperti tawa ketika sedang frustasi. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika anggota kelompok lain mencoba untuk mencuri makanannya.

Nada cekikikan hyena juga dapat menyampaikan informasi tentang usia atau statusnya, dengan individu yang lebih tua seringkali memiliki nada yang lebih rendah dan suara yang kurang bervariasi dibandingkan individu yang lebih muda.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US