The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Catat Bestie! Ini 5 Manfaat Makan Semangka untuk Kecantikan Kulit
Ilustrasi semangka (Freepik)
Beauty

Catat Bestie! Ini 5 Manfaat Makan Semangka untuk Kecantikan Kulit

Kamis, 07 Juli 2022 19:15 WIB 07 Juli 2022, 19:15 WIB

INDOZONE.ID - Semangka menjadi buah yang mudah dan praktis dimakan. Semangka yang banyak air ini ternyata punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Ya, semangka mengandung sumber air dan vitamin yang bagus untuk kulit. Jika kamu mengonsumsinya rutin, akan mendaoat manfaat eksfoliasi, melembapkan hingga cegah anti-penuaan.

Agar tak penasaran dengan deretan manfaatnya, yuk simak lima ulasna berikut, dilansir Ipsy.

1.  Eksfoliasi

Setiap hari kulit terpapar panas, keringat dan debu. Kamu butuh mengeksfoliasi. Selain dibantu dengan skincare, kamu butuh banyak makan semangka yang kaya air. 
 
“Semangka kaya akan asam malat, yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, tetapi tidak akan pernah membuat kulit Anda terasa kencang karena beberapa sifat pelembapnya,” kata Ahli Kecantikan Jennifer Yen.

Asam malat juga bagus untuk jenis kulit sensitif, karena membantu dengan lembut memecah sel-sel kulit mati dari lapisan atas kulit Anda (alias tidak kasar). Hasilnya kulit lebih halus, rata, dan glowing.

2. Melembapkan

Semangka mengandung banyak air hingga 93%. Makan semangka bisa memberikan kulit  hidrasi yang sehat. 


3. Anti-penuaan

Garis-garis halus, kerutan, tanda-tanda penuaan pasti akan terjadi pada manusia. Namun penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi makan sehat dan skincare.

“Semangka tidak hanya kaya akan vitamin dan antioksidan, tetapi juga kaya akan agen anti-penuaan seperti likopen, yang membantu menunda proses penuaan kulit,” kata Yen.  

4. Dapat mengurangi kemerahan dan peradangan

Jika memiliki kulit sensitif, kulit berjerawat, atau mengalami kemerahan dan peradangan, makan semangka adalah cara tepat. Lycopene sebagai antioksidan memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang membantu menenangkan iritasi kulit. 

“Selama beberapa generasi, orang Korea telah menggunakan kulit semangka untuk menenangkan kulit,” kata Yen.  

5. Sumber vitamin C

Kulit yang sehat membutuhkan asupan vitamin A, B, dan C. Semua memiliki sifat yang membantu memperkuat, memelihara, dan melindungi, dan vitamin C membantu merangsang produksi kolagen dan mencerahkan kulit.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Dewi Kania
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
JOIN US
JOIN US