Es Pallu Butung, Hidangan Pencuci Mulut Khas Sulsel yang Mirip dengan Es Pisang Ijo!

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 13:37 WIB
Es pallu butung, kuliner khas Sulsel. (Z Creators/Retno Mandriyarini)
Es pallu butung, kuliner khas Sulsel. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Sulawesi Selatan merupakan provinsi dengan daerah yang kaya akan kuliner berbagai olahan pisang. Seperti pisang epe, es pisang ijo khas Makassar, dan pisang goreng khas Sulawesi yang dicocol dengan sambal. 

Ada lagi menu hidangan pencuci mulut yang manis dan segar yaitu es pallu butung. Kuliner ini terbuat dari pisang yang dipotong-potong dan dimasak menggunakan santan dan gula pasir.  

-
Es pallu butung, kuliner khas Sulsel. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Salah satu rekomendasi tempat makan yang menyajikan cita rasa es pallu butung terbaik ada di Rumah Makan Muda Mudi. Tempat makan ini sudah ada di Kota Makassar sejak 1993 dan bertahan sampai sekarang. 

Sudah 29 tahun melayani pembeli dengan hidangan otentik tradisional khas Kota Makassar. Tempat makan ini terkenal dengan sajian esnya. Saking terkenalnya, tempat makan ini setiap tahunnya Rumah Makan ini selalu mendapatkan penghargaan sebagai “Makassar Most Favourite Award Culinary”. 

-
Rumah Makan Muda Mudi menjual es pallu butung. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Tahukah kamu, sebenarnya es pallu butung dan es pisang ijo hampir mirip namun ternyata berbeda loh. Persamaan dari kedua hidangan ini sama-sama menggunakan pisang dalam penyajiannya dan menggunakan bubur sumsum di dalamnya. 

Namun yang membuat es pisang ijo dan es pallu butung berbeda adalah tampilannya. Es pallu butung, penyajian pisangnya tidak menggunakan balutan tepung beras hijau di atasnya. 

Pisang yang digunakan pun pisang yang telah dipotong kecil-kecil dan telah dikukus. Tidak lupa diberikan bubur sumsum dan pemanis sirup berwarna merah muda. 

-
Rumah Makan Muda Mudi menjual es pallu butung. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Sementara es pisang ijo yang biasa kita jumpai terdapat lapisan atau selimut bewarna hijau di atas pisang. Umumnya menggunakan pisang kepok yang telah dikukus dan juga bisa ditambahkan berbagai macam varian topping di atasnya, seperti meses cokelat atapun ditambah potongan roti dan butiran mutiara. 

Kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Muda Mudi di Jalan Rusa No.45 A, Maricaya, Kota Makassar. Buka setiap hari dari pukul 08.00 -21.00 WITA. Tempatnya nyaman, bersih dan juga luas. Tertarik Mencoba?

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Resep Tape Ketan Manis Anti Gagal

Kamis, 18 April 2024 | 08:15 WIB
X